Advertisement

Di Bantul, Harga Cabai Rawit Hijau dan Telur Ayam Naik

Yosef Leon
Senin, 22 Mei 2023 - 19:37 WIB
Sunartono
Di Bantul, Harga Cabai Rawit Hijau dan Telur Ayam Naik Ilustrasi telur ayam. - Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Bantul menyebut dua komoditas pangan mengalami kenaikan harga menjelang hari raya Waisak pada pekan depan. Keduanya yakni cabai rawit hijau dan komoditas telur. 

Sub Koordinator Kelompok Substansi Pengendalian Barang Pokok dan Penting, DKUKMPP Bantul Zuhriyatun Nur Handayani mengatakan, berdasarkan pemantauan harga bahan pokok di lima pasar tradisional setempat harga dua komoditas itu mengalami kenaikan cukup signifikan. 

Advertisement

BACA JUGA : Cek Harga Sembako, Ini Yang Ditemukan GKR Hemas

"Bahan pokok yang lain standar kalaupun naik hanya sedikit saja, masih dalam taraf normal," ujarnya Senin (22/5/2023). 

Adapun harga telur ayam ras negeri sekarang dihargai Rp31.667 per kilogram (kg) dari yang sebelumnya dihargai Rp29.800 per kg. Kenaikan di setiap pasar berbeda-beda namun secara umum berada di angka rata-rata Rp1.867 per kg. Sementara cabai rawit hijau dijual Rp32.100 per kg dari yang semula Rp29.233 atau naik Rp2.867. 

"Kalau harga telur naik diperkirakan karena banyaknya hajatan, kemudian untuk cabai rawit hijau karena permintaan yang cukup tinggi," kata dia. 

Hanya saja Nani memastikan bahwa ketersediaan stok bahan-bahan pokok di Bantul tersedia dalam jumlah cukup. Masyarakat tidak perlu kuatir karena kenaikan harga hanya bersifat sementara dan akan terkendali dalam waktu dekat. Kenaikan harga itu disebut dia masih dalam taraf normal dan tidak terlalu signifikan. 

BACA JUGA : Harga Sembako Mulai Naik, Sleman Siapkan Pasar Murah

"Untuk stok masih tersedia dalam jumlah banyak, jadi Masyarakat tidak perlu kuatir," jelasnya. 

Adapun harga bahan-bahan pokok lainnya yang mengalami kenaikan harga juga terjadi pada komoditas daging sapi yang sekarang dibanderol Rp121.667 per kg dari yang semula Rp120.000 per kg. Kenaikan harga juga terjadi pada daging ayam broiler yang dijual di angka Rp35.233 per kg dari yang sebelumnya Rp33.700 per kg. 

"Yang harganya turun cukup signifikan itu ada tomat, turun Rp2.667 jadi Rp12.767 per kg, kemudian bawang merah jadi Rp39.467 per kg dan cabai merah keriting yang sekarang di harga Rp21.967 per kg," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement