Advertisement

Asyik! RSUD Wonosari Bakal Tambah Gedung Baru untuk Layanan Cuci Darah

David Kurniawan
Selasa, 23 Mei 2023 - 15:47 WIB
Arief Junianto
Asyik! RSUD Wonosari Bakal Tambah Gedung Baru untuk Layanan Cuci Darah RSUD Wonosari, Gunungkidul - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—RSUD Wonosari bakal membangun gedung baru untuk menambah kapasitas perawatan cuci darah. Penambahan ini diharapkan bisa mengurangi daftar tunggu pasien yang akan menjalani perawatan.

Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) RSUD Wonosari Gunungkidul, Sumartana mengatakan seiring dengan makin banyak pasien gagal ginjal, maka ada upaya menambah kapasitas ruang cuci darah.

Advertisement

Dia mengakui hingga sekarang ada pasien yang mengantre untuk bisa mendapatkan layanan. “Kami punya 21 alat cuci darah. Tetapi semua sudah penuh dipergunakan melayani pasien setiap harinya,” kata Sumartana, Selasa (23/5/2023).

Menurut dia, sudah ada wacana membangun gedung baru guna menambah ruang pelayanan. Tujuannya agar pasien yang datang bisa terlayani sehingga daftar antrean dapat berkurang.

BACA JUGA: RSUD Wates Didorong Jadi Rumah Sakit Bertaraf Internasional

Sumartana menjelaskan, rencanana pembangunan dengan kerjasama operasi dengan penyedia jasa alat cuci darah. Skema ini, RSUD akan dibangunkan gedung baru dan timbal baliknya penyediaan peralatan dibeli dari perusahaan yang bersangkutan.

“Masih digodok skema KSO [kerja sama operasional]. Yang jelas, sudah ada kesamaan visi dan mudah-mudahan pembangunan bisa segera direalisasikan,” katanya.

Terkait dengan lokasi, Sumartana mengaku tidak ada masalah dikarenakan masih memiliki lahan kosong. “Rencananya di buat lantai dua. Saya kira, lahan yang ada masih mencukupi untuk pembuatan sentra cuci darah,” katanya.

Kepala Ruangan Cuci Darah, RSUD Wonosari, Sudarmanto mengatakan kapasitas layanan cuci darah sudah penuh. Hal ini dikarenakan alat yang dimiliki masih sangat terbatas. “Hanya ada 21 alat. Rencananya dengan pembangunan gedung baru bertambah menjadi 45 unit cuci darah,” katanya.

Menurut dia, sekarang ini penyakit gagal ginjal terus bertambah. Adapun pasien tidak hanya menyerang orang tua, tapi juga menyasar generasi mudah di usia produktif. “Jadi tidak hanya orang tua, tapi sempat ada pasien berusia 19 tahun yang rutin menjalani cuci darah di sini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement