Advertisement

Festival Langen Carita Sleman Kembali Digelar Tahun Ini

Catur Dwi Janati
Sabtu, 27 Mei 2023 - 05:37 WIB
Arief Junianto
Festival Langen Carita Sleman Kembali Digelar Tahun Ini Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo membuka Festival Langen Carita Sleman 2023, Jumat (26/5/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Festival Langen Carita Tingkat Kabupaten Sleman 2023 resmi dibuka. Gelaran ini diharapkan dapat menjadi saran melestarikan langen carita di Sleman.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Sleman, Edy Winarya menerangakan gelaran Festival Langen Carita bertujuan untuk membentuk karakter anak dengan muatan yang sesuai dengan usianya.

Advertisement

Lewat festival ini kualitas program dan kegiatan pembinaan langen carita di Sleman dapat terus dikembangkan "[Festival Langen Carita] menjadi sarana penguatan pondasi identitas dari langen carita yang sudah ada," kata dia di Gedung Kesenian Sleman, Jumat (26/5/2023). 

Festival Langen Carita tahun ini diikuti oleh seluruh Kapanewon di Sleman. Tercatat  perwakilan dari 17 Kapanewon se-Kabupaten Sleman ikut serta dalam festival ini.

BACA JUGA: Festival Langen Carita untuk Melatih Anak Gunungkidul Pintar Berbahasa Jawa

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo yang secara simbolis membuka langsung Festival Langen Carita 2023 menilai kegiatan ini menjadi salah satu upaya Pemkab untuk memelihara pilar ketahanan, kedaulatan budaya dan seni di kalangan masyarakat Sleman.

Di samping itu, festival ini dipandang Kustini dapat menjadi sarana berkompetisi bagi para peserta. Khususnya para generasi muda, untuk menumbuhkan bibit-bibit baru. Kustini berharap langen carita juga dapat mengembangkan dan menanamkan budi pekerti luhur bagi generasi muda.

"Penyelenggaraan festival menjadi media dalam menumbuhkan bibit-bibit muda yang akan melanjutkan upaya pelestarian budaya asli Sleman. Semoga dengan festival langen carita ini kita dapat memberikan ruang gerak berekspresi sekaligus melestarikan budaya," ucap Kustini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement