Advertisement

14 Desa dan Kelurahan Budaya Unjuk Kebolehan di Embung Langensari

Lugas Subarkah
Minggu, 22 September 2019 - 09:07 WIB
Nina Atmasari
14 Desa dan Kelurahan Budaya Unjuk Kebolehan di Embung Langensari Flash Mob dari Forum Rintisan kelurahan Budaya Kota Jogja membuka Gelar Potensi Desa dan kelurahan Budaya DIY, di Embung Langensari, Klitren, Sabtu (21/9/2019). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Untuk mempromosikan dan mengukur kemajuan, sebanyak 14 Kelurahan dan Desa Budaya di Sleman dan Bantul menampilkan potensinya dalam Gelar Potensi Desa/Kelurahan Budaya Dinas Kebudayaan DIY, di Embung Langensari, Klitren, pada Sabtu dan Minggu (21-22/9/2019).

Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Aris Eko Nugroho, mengatakan saat ini di DIY terdapat 56 Desa dan Kelurahan Budaya, dengan persebaran Sleman 12 desa, Bantul 12 desa, Kulonprogo 15 desa, Gunungkidul 15 Desa dan Kota Jogja dua kelurahan.

Advertisement

Dalam Gelar Potensi ini, 12 Desa Budaya dari Bantul dan dua Kelurahan dari Kota Jogja unjuk gigi. “Pemerintah Provinsi bertugas memfasilitasi penyelenggaraan event dan kompetisi dalam upaya mempromosikan dan mengukur kemajuan desa atau kelurahan budaya,” katanya, Sabtu (21/9/2019).

Ia menuturkan kegiatan ini menjadi atraksi budaya dengan tidak mengubah nilai-nilai esensial, sehingga muncul keragaman khasanah budaya untuk menguatkan karakter Jogja sebagai salah satu pusat kebudayaan yang cukup berpengaruh di Indonesia.

Sejumlah penampil dalam Gelar Budaya ini diantaranya Reog Lembu Suro Mahesa Sura dari Srigading Bantul, Langen Carita Cinde Laras dari Sabdodadi Bantul, Sendratari SAG dari Terban Kota Jogja, Sendratari Sangharucakra dari Kricak Kota Jogja, Supitan nanggap Jathilan dari Mulyodadi bantul, Kethoprak Lesung Dumadine Dermojurang dari Seloharjo dan lainnya.

Dalam kegiatan ini ke-14 desa dan Kelurahan Budaya selain menampilkan seni pertunjukan juga membuka stan yang berisi potensi di wilayahnya. Adapun tim juri terdiri dari beberapa pihak diantaranya Joko Dwiyanto seorang Budayawan, Teruni seorang Akademisi ISI Jogja dan lainnya.

Walikota Jogja, Haryadi Suyuti, mengungkapkan potensi budaya di setiap wilayah perlu terus dikembangkan karena selain melestarikan nilai-nilai tradisi juga mampu mengembangkan perekonomian masyarakat.

“Seiring dengan telah beroperasinya Bandara YIA di Kulonprogo, harus dapat kita manfaatkan semaksimal mungkin. Terutama untuk kesejahteraan masyarakat, dengan meningkatkan keberagaman potensi lokal. Tiap kelurahan atau desa budaya hendaknya punya ciri khas yang diunggulkan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement