Advertisement

Kirab Gunungan dan Wayangan Sambirejo Prambanan Diharapkan Dongkrak Pariwisata

Abdul Hamied Razak
Senin, 29 Mei 2023 - 20:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kirab Gunungan dan Wayangan Sambirejo Prambanan Diharapkan Dongkrak Pariwisata Warga Sambirejo menggelar Kirab Gunungan dalam rangkaian Gumregah Culture Festival 2023, Minggu (28/5/2023) - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Keberadaan Taman Wisata Tebing Breksi membuat sektor pariwisata di Kalurahan Sambirejo Kapanewon Prambanan berjalan cepat. Untuk mengimbanginya, penguatan sumber daya manusia akan terus dilakukan agar membawa kesejahteraan bagi masyarakat Sambirejo.

Lurah Sambirejo Wahyu Nugroho mengatakan sektor pariwisata di Sambirejo berjalan cepat sehingga perlu diimbangi dengan penguatan SDM. Upaya pemerintah kalurahan untuk mengimbangi laju di sektor pariwisata adalah dengan menyinergikan pariwisata, ekonomi dan budaya di masyarakat. 

Advertisement

Salah satunya, dengan menghidupkan kembali seluruh potensi pelaku seni dan budaya di Sambirejo. "Saat ini pariwisata berjalan cepat dan harus diimbangi dengan perkembangan budaya. Pariwisata tentu meningkatkan ekonomi dan budaya tentu akan meningkatkan kekuatan moral warga," katanya

Jika peningkatan ekonomi terjadi tanpa diimbangi dengan kekuatan moral, lanjut Wahyu, maka akan berdampak pada hubungan yang tidak baik dalam rumah tangga warga. Begitu juga di pemerintahan. "Unggah ungguh, sumbu seto dan lainnya akan bisa hilang saat perekonomian [warga] naik. Makanya budaya kami kuatkan," kata Wahyu. 

Tidak salah saat puncak kegiatan Merti Desa dalam bingkai Gumregah Culture Festival 2023 di Sambirejo, masyarakat menutup kegiatan dengan kirab gunungan pada Minggu (28/5/2023) dan wayangan semalam suntuk hingga Senin (29/5/2023) dini hari. Kirab gunungan ini, kata Wahyu, merupakan bakti masyarakat atas hari lahir Kalurahan Sambirejo ke 96. 

"Warga bersyukur kepada Tuhan karena peningkatan sektor pariwisata mampu meningkatkan perekonomian warga," ujar Wahyu.

Baca juga: Resmi! Pajak dan Bea Balik Nama Kendaraan Listrik Ditetapkan 0%

Adapun wayangan yang digelar dengan lakon Jumenangan Parikesit bersama dalang cilik Ki Yusuf Ganendra dari Gunungkidul, kata Wahyu bertujuan agar pemerintahan di Sambirejo bisa berjalan dengan baik dan sesuai harapan warga. "Pemerintahan bisa berjalan handarbeni, gemah ripah loh jinawi dengan konsep memayu hayuning bawana. Itu yang akan kami kembalikan dan lakukan," kata Wahyu.

Nyekar

Ketua Panitia Gumregah Culture Festival 2023 Sambirejo, Dwi Santoso mengatakan rangkaian festival untuk perayaan Hari Jadi ke 96 Kalurahan Sambirejo diawali dengan kegiatan nyekar ke makam para leluhur pamong kalurahan dilanjutkan dengan parade jathilan dan ditutup dengan kirab budaya yang menghadirkan delapan gunungan hasil bumi dari seluruh padukuhan di Sambirejo.

"Ada enam sampai tujuh group jatilan yang sebelumnya mati suri kami hidupkan kembali. Adapun arak-arakan gunungan dimulai dari Balai Dusun Gunungsadi ke Balai Kalurahan. Alhamdulillah warga tampil maksimal dan diharapkan bisa mendukung aktivitas pariwisata," katanya.

Pengelola Taman Tebing Breksi Kholiq Widiyanto menambahkan Gumregah Culture Festival Sambirejo akan menjadi agenda tahunan. Hal itu akan menjadi cikal bakal event wisata besar yang digelar masyarakat Sambirejo selain Dieng Festival dan festival besar lainnya. "Setiap tahun peringatan merti dusun digelar tapi yang paling besar ya baru tahun ini. Dengan harapan tahun tahun depan bisa lebih besar lagi. Suatu saat bisa seperti Dieng Festival, itu yang kami harapkan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement