Advertisement

RS YAP Bangun HCU Dilengkapi Alat Operasi Smile Senilai Rp21 Miliar

Sunartono
Selasa, 30 Mei 2023 - 04:57 WIB
Sunartono
RS YAP Bangun HCU Dilengkapi Alat Operasi Smile Senilai Rp21 Miliar Ketua Umum Yayasan YAP Prawirohusodo GBPH Prabukusumo saat melakukan peletakan batu pertama HCU RS YAP, Senin (29/5/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rumah Sakit DR YAP Jogja membangun sebuah instalasi high care unit (HCU) yang dilengkapi dengan alat operasi berteknologi tinggi bernama Smile (Small Incision Lenticule Extraction) yang haraganya mencapai Rp21 miliar. Peletakan batu pertama pembangunan ruang instalasi ini digelar bersamaa peringatan HUT RS YAP ke-100 pada Senin (29/5/2023).

Ketua Umum Yayasan YAP Prawirohusodo GBPH Prabukusumo menjelaskan instalasi saat ini RS YAP sudah memiliki peralatan Laser-Assisted in Situ Keratomileusis (Lasik) dan mulai membangun HCU yang dilengkapi dengan peralatan Smile. Pembangunan instalasi untuk Smile ini dilakukan di sebelah utara gedung instalasi Lasik yang akan dilengkapi berbagai fasilitas tunggu yang nyaman.

Advertisement

BACA JUGA : Terlalu Lama Main HP dan Laptop, Begini Cara Cegah Sakit 

“Bedanya antara Lasik dengan Smile ini, kalau lasik ketika operasi seperti katarak selaput yang dipotong sekitar dua per tiga, nah kalau Smile hanya 0,8 milimeter jadi sangat kecil, tidak ada bekasnya. Tetapi alat baru ini lebih mahala, Rp21 miliar dan kami pesan sejak setahun lalu,” katanya.

Ia mengungkap alat operasi Smile ini senilai Rp21 miliar karena menggunakan teknologi terbaru. Gusti Prabu sejak awal terus mendorong kepada manajemen rumah sakit agar melengkapi dengan peralatan modern demi memberikan layanan kepada masyarakat.

“Sama seperti waktu kami beli Lasik dulu, tim dokter sempat berfikir bisa balik [modal] berapa tahun. Tetapi saya sampaikan intinya jika ada anggaran kita layani masyarakat dan peralatan harus canggih,” ujarnya.

Direktur Utama RS DR YAP Alida Lienawati memastikan sejalan dengan proses pembangunan ruang instalasi akan segera didatangkan peralatan tersebut. Dari sisi sumber daya manusia ia telah menunjuk tim dokter yang telah mendapatkan pelatihan untuk pengoperasian alat tersebut di Singapura. Salah satunya dokter spesialis mata Erin Arsianti yang juga Direktur Pelayanan, Pendidikan, dan Sumber Daya Manusia rumah sakit tersebut.

“Untuk SDM pengoperasian sudah siap, tim dokter sudah dua kali mendapatkan pelatihan, sudah dipersiapkan dari awal karena butuh waktu. Pemesanan alat Smile ini dengan teknologi terbaru terkini, di dunia hanya enam yang teknologinya terkini,” ucapnya.

Alida menyatakan keberadaan HCU menjadi salah satu syarat yang harus dimiliki rumah sakit. RS Mata secara khusus tidak harus memiliki ICU namun boleh HCU. Adapun target pengoperasian alat Smile ini paling lambat pada April 2024 mendatang. “Kendala sebenarnya pada transportasi pengiriman, karena saat pandemi sempat terkendala,” ujarnya.

BACA JUGA : Ratusan Pasien Keluarga Pra Sejahtera Difasilitasi Tindakan

Dalam peringatan HUT tersebut, RS YAP juga memproduksi film documenter ntuk mengenang perjuangan para pioner RS Mata "Dr. YAP. Kemudian menerbitkan buku sejarah 100 tahun perjalanan RS Mata Dr. YAP, serta biografi Dr. Yap Hong Tjoen dan Dr. Yap Kie Tiong. Karya-karya monumental itu diharapkan akan menjadi tonggak sejarah sehingga dapat dinikmati oleh generasi masa mendatang sampai ratusan tahun ke depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement