Advertisement

Jadi Primadona, Kawasan Pantai Gunungkidul Terpantau Ramai Lancar

David Kurniawan
Jum'at, 02 Juni 2023 - 17:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jadi Primadona, Kawasan Pantai Gunungkidul Terpantau Ramai Lancar Kondisi di Pantai Indrayanti, Tepus, Kecamatan Tepus - Ist/ Dok SAR Satlinmas Wilyaah II DIY

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Hari kedua libur dan cuti bersama, destinasi wisata di Gunungkidul terpantau ramai dan lancar. Jumlah kunjungan ke pantai lebih banyak dibandingkan objek wisata lainnya.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 2 di Pantai Baron, Marjono mengatakan, kawasan pantai banyak dikunjungi wisatawan. Sejumlah pantai mulai dari Indrayanti sampai Baron terlihat ramai.

Advertisement

Ia memastikan kondisi tetap aman dan terkendali karena hingga Jumat (2/6/2023) sekitar pukul 13.30 WIB tidak ada insiden kecelakaan yang melibatkan pengunjung. “Semua berjalan dengan lancar dan kunjungan masih ramai. Ini sesuai perkiraan karena libur berlangsung selama empat hari,” katanya.

Dia menjelaskan, sebanyak 60an personel disiagakan. Adapun pengawasan dilakukan mulai dari Pantai Poktunggal di Kapanewon Tepus hingga kawasan Bukit Paralayang di Kapanewon Purwosari.

Baca juga: Pemprov Beberkan Alasan Kuat Tanah Kas Desa Tak Boleh Dijadikan Hunian

Marjono mengungkapkan, anggota yang diterjunkan tidak hanya berjaga di posko pemantauan. Namun, ada personel yang diterjunkan untuk berbaur dengan wisatawan yang bermain di pantai.

“Sekiranya berada di area berbahaya bisa langsung diingatkan. Kami terus mengimbau kepada wisatawan untuk berhati-hati saat bermain,” katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan, hasil pemantauan ada peningkatan kunjungan wisata yang sangat signifikan. Kondisi ini sudah terlihat sejak Kamis (1/6/2023). Dalam sehari ada kunjungan sebanyak 15.869 orang.

“Untuk hari ini [Jumat] masih dalam penghitungan sehingga jumlah pasti baru nanti malam. Adapun kunjungannya masih ramai,” katanya.

Optimistis Target Tercapai

Hary optimistis target kunjungan selama libur dan cuti bersama sebanyak 54.438 orang bisa tercapai. Kendati demikian, ia mengakui kunjungan masih terpusat di kawasan selatan, tepatnya di destinasi pantai.

“Wisata pantai masih menjadi primadona karena kunjungan terpusat di kawasan pesisir Gunungkidul,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Alasan Kepolisian Hentikan Penyidikan Kasus Aiman Witjaksono

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement