Advertisement

Terjadi Tawuran di Jogja, JPW Minta Kinerja Polisi Dievaluasi

Hadid Husaini
Senin, 05 Juni 2023 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Terjadi Tawuran di Jogja, JPW Minta Kinerja Polisi Dievaluasi Jalan Kusumanegara, Kota Jogja, ditutup karena tawuran di Tamsis pada Minggu (4/6/2023) malam. - Harian Jogja/Hadid Husaini

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jogja Police Watch (JPW) menilai kinerja polisi dalam menangani insiden tawuran yang terjadi di sejumlah titik di Jogja, Minggu (4/6/2023) lalu, masih belum maksimal. 

JPW menilai banyak titik lengah kepolisian, baik dalam aspek pengawasan maupun pengawalan massa yang jumlahnya cukup besar. 

Advertisement

Kadiv Humas JPW, Baharuddin Kamba meminta evaluasi atas kinerja pengawasan kepada kepolisian. "Kenapa massa yang dengan jumlah yang cukup besar itu bisa masuk ke titik wilayah Kota Jogja. Hal ini harus dievaluasi secara total dan tuntas oleh pihak kepolisian Polda DIY," kata dia melalui rilis, Senin (5/6/2023). 

JPW berharap kejadian serupa tidak terjadi lagi yang mengakibatkan pada kerugian atas terganggunya aktivitas masyarakat. "Sungguh peristiwa yang tidak patut ditiru dan tidak perlu diulang kembali karena merusak citra Yogyakarta sebagai Kota tujuan wisata dan kota pelajar," kata dia.

BACA JUGA: Tawuran di Jogja, PSHT Minta Maaf kepada Sultan, Warga, dan Brajamusti

Peristiwa tersebut, selain terjadi bentrokan fisik juga menimbulkan ketidaknyaman masyarakat sekitar yang sedang melakukan aktivitas terpaksa menutup dagangannya. "Sungguh peristiwa yang tidak patut ditiru dan tidak perlu diulang kembali karena merusak citra Yogyakarta sebagai kota tujuan wisata," ucap Kamba. 

Tak hanya itu, JPW pun mempertanyakan kinerja kepolisian Polda DIY. Mestinya tidak lengah dalam pengaman dan pengawalan apalagi dengan massa yang cukup besar. Kenapa massa yang dengan jumlah yang cukup besar itu bisa masuk ke titik wilayah Kota Jogja.

"Hal ini harus dievaluasi secara total dan tuntas oleh pihak kepolisian Polda DIY. Hal ini agar insiden serupa tidak terulang kembali di Kota Pelajar. Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar jangan terprovokasi dengan taat pada hukum serta turut andil dalam menjaga kondusifitas." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

9 Daerah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana, Pj Gubernur: Tingkatkan Kesiapsiagaan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement