Advertisement

Penilaian Indeks Inovasi Daerah, Sleman Siapkan Inovasi Terbaik

Catur Dwi Janati
Rabu, 07 Juni 2023 - 22:27 WIB
Maya Herawati
Penilaian Indeks Inovasi Daerah, Sleman Siapkan Inovasi Terbaik Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. - Harian Jogja - Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Bersiap menghadapi penilaian indeks inovasi daerah, Pemkab Sleman menyiapkan sejumlah inovasi terbaiknya. Tak cuma mengejar peringkat, inovasi yang ditelurkan diharapkan dapat membantu kesejahteraan warga Sleman. 
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Sleman, Dwi Anta Sudibya menerangkan proses pelaporan inovasi telah dimulai sejak Mei lalu dan berakhir pada pekan pertama Juli 2023. Terdapat tiga indikator inovasi yang bakal dinilai, yakni inovasi tata kelola pemerintah daerah, inovasi pelayanan publik dan inovasi lainnya sesuai bidang urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah. 
Penilaian indeks inovasi daerah merupakan agenda tahunan Badan Stratagi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri. Agenda ini bertujuan untuk menilai praktik-praktik penyelenggaraan inovasi yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah, berikut dengan dampaknya.
Pada 2021 Sleman mencatatkan skor indeks inovasi daerah di angka 53,42. Torehan poin ini naik pada 2022 lalu menjadi 58,31 dan membuat Sleman menduduki peringkat 37 dari 415 Kabupaten dengan menyandang predikat inovatif. 
"Semoga di tahun ini  bisa kembali meningkatkan skor dan juga peringkat Sleman," katanya pada Rabu (7/6/2023) di Aula Pangripta, kantor Bappeda Sleman. 
Kendati demikian Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyampaikan bila predikat inovatif yang berhasil rengkuh pada 2022 lalu, perlu ditingkatkan kembali pada tahun 2023. Tidak hanya terpaku pada raihan peringkat semata, Kustini berharap inovasi kreatif yang dilahirkan bisa semakin banyak dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 
"Harapannya, dengan penciptaan dan penerapan inovasi ini dapat semakin meningkatkan daya saing daerah, membuka peluang investasi untuk memajukan Kabupaten Sleman serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Jogjapolitan | 35 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mobil Mewah Harvey Moeis Disita Kejagung, Kali Ini Ferrari dan Mercy

News
| Jum'at, 26 April 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement