Advertisement

Lindungi Pelaku UMKM, Pemkab Bantul Gandeng PT Pos Indonesia

Ujang Hasanudin
Kamis, 08 Juni 2023 - 19:27 WIB
Maya Herawati
Lindungi Pelaku UMKM, Pemkab Bantul Gandeng PT Pos Indonesia UMKM - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Untuk memberdayakan dan melindungi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul menjalin kerja sama dengan PT. Pos Indonesia. Salah satu poin dalam kerja sama tersebut adalah ongkos kirim gratis bagi pelaku UMKM ke dalam maupun luar negeri.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan Executive Vice President Regional IV Pos Indonesia, Yuli Saputro di Parasamya, Kompleks Pemkab Bantul, Rabu (7/6/2023).

Advertisement

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan (DKUKMPP) Bantul, Agus Sulistyana mengatakan kerja sama dengan PT. Pos Indonesia dalam rangka pemberdayaan dan perlindungan pelaku UMKM di Bantul. Namun untuk mendapatkan akses pengiriman barang gratis perlu beberapa syarat.

“Kerja sama dalam pengiriman barang termasuk produk UMKM yang diekspor dengan syarat UMKM sudah masuk di aplikasi SIBAKUL DIY,” katanya, saat dihubungi Kamis (8/6/2023).  Selain itu kerja sama tersebut juga terkait fasilitasi pembayaran nontunai melalui QRIS.

BACA JUGA: Ini Dia 10 SMP di Jogja dengan Nilai ASPD Tertinggi Tahun Ini

Selain harus masuk aplikasi SIBAKUL DIY, UMKM yang bisa masuk program tersebut adalah yang lolos kurasi produk ekspor. “Kami sedang sosialisasikan hasil kerja sama ini ke UMKM-UMKM,” ujarnya.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengatakan Bantul sedang fokus mengembangkan ekonomi masyarakat, terutama UMKM. Karena di Bantul ini jumlah UMKM yang ada cukup banyal. Sehingga kerja sama dengan Pos Indonesia tidak hanya memperlancar tugas kami di pemerintahan, tapi juga agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi secara efektif dan efisien

Sementara, Executive Vice President Regional IV Pos Indonesia, Yuli Saputro mengatakan kerja sama yang dilakukan adalah untuk memberikan kemudahan UMKM dalam mengirimkan produk-produk yang mereka miliki.

“Kerja sama ini pada dasarnya memanfaatkan potensi bersama. Baik untuk layanan kurir maupun jasa keuangan. Bagaimana caranya membantu dan memberi kemudahan UMKM dalam mengirim produk-produk mereka,” katanya.

Selain itu, Yuli menyampaikan bahwa Pos Indonesia kini juga membantu dalam penerimaan pendapatan daerah lewat pembayaran pajak daerah, PBB, hingga pajak-pajak terpusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rumah Tersangka Korupsi Timah Harvey Moeis Digeledah Kejagung, Sejumlah Kendaraan Mewah Disita

News
| Sabtu, 20 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement