Advertisement

Pelantikan PJ Lurah Ngloro Gunungkidul Tunggu Restu Bupati

David Kurniawan
Jum'at, 09 Juni 2023 - 13:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pelantikan PJ Lurah Ngloro Gunungkidul Tunggu Restu Bupati ILustrasi lelang jabatan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDULLurah Ngloro Heri Yulianto mundur sebagai lurah sejak 3 Mei 2023. Meski demikian, hingga sekarang ia masih menjabat karena pemberhentian tetap masih menunggu penunjukan Pejabat Sementara oleh bupati.

Tindak lanjut dari pengunduran diri ini, Badan Musyawarah Kalurahan Ngloro telah melakukan rapat dan mengusulkan pegawai lngkup Kapanewon Saptosari Subariman sebagai pengganti. Rencananya jabatan ini diampu hingga masa tugas berakhir di 2025 mendatang.

Advertisement

Panewu Saptosari Eka Prayitna saat dikonfirmasi Jumat (9/6/2023) membenarkan proses pelantikan PJ Lurah Ngloro tinggal menunggu restu dari bupati. Pasalnya, Bamuskal sudah mengajukan permohonan untuk penghentian tetap atas nama Heri Yulianto, sekaligus mengajukan PJ Lurah atas nama Subariman.

“Surat sudah kami terima dan langsung dikirim ke bupati untuk mendapatkan persetujuan,” kata Eka saat dihubungi wartawan, Jumat siang.

Menurut dia, proses sudah selesai dan tinggal menunggu pelantikah. Hanya saja, pihaknya belum bisa memastikan karena menunggu proses di kabupaten.

Baca juga: Belasan Orang Jadi Korban Kecelakaan di Jalan Wonosari-Semanu Gunungkidul

“Nanti yang menetapkan bupati. Sekarang masih proses dan suratnya sudah kami ajukan sejak Mei lalu. Meski telah mundur, Lurah Ngloro juga masih aktif karena pemberhentian menunggu ditunjuknya PJ sebagai pengganti,” katanya.

Kepala Bidang Bina Administrasi dan Aparatur Pemerintahan  Kalurahan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (DPMP2KB) Gunungkidul, Kriswantoro mengatakan, sudah memroses pengajuan pemberhentian Lurah Ngloro, sekaligus menetapkan PJ penganti guna meneruskan pemerintahan hingga masa tugas berakhir.

Menurut dia, surat ini sudah selesai dan sudah diajukan ke bupati untuk mendapatkan persetujuan. “Prosesnya kami serahkan melalui sekretariat daerah,” kata Kris.

Ia mengakui belum bisa memastikan kapan surat keputusan dari bupati turun. Oleh karenanya, Kris tidak berani memasang target kapan pemberhentian tetap serta pelantikan PJ Lurah Ngloro bakal terlaksana.

“Masih proses dan kalau SK turun akan segera dilanjutkan guna proses pelantikan,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Lurah Ngloro, Heri Yulianto mundur dikarenkan maju sebagai bakal calon legislatif. Hal ini sejalan dengan persyaratan yang ditetapkan oleh KPU. “Surat pengunduran sudah saya serahkan ke Bamuskal pada 4 Mei 2023,” kata Heri (10/5/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement