Advertisement

Kemarau Panjang, Dinsos DIY Menyiapkan 231 Tangki Air Bersih

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 11 Juni 2023 - 19:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Kemarau Panjang, Dinsos DIY Menyiapkan 231 Tangki Air Bersih Ilustrasi dropping air bersih - Reuters/Mike Hutchings

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJADinas Sosial (Dinsso) DIY menyiapkan sebanyak 231 tangki air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga. Kebijakan tersebut diambil menyusul peringatan dini dari BMKG yang menyebut sembilan wilayah di DIY sudah mengalami kekeringan dengan status Waspada.

Kepala Dinsos DIY Endang Patmintarsih menyampaikan pihaknya telah menyiapkan 231 tangki air bersih dengan masing-masing berisi 4.000 liter air untuk memenuhi kebutuhan air bersih di sejumlah daerah di DIY selama musim kemarau.

Advertisement

Menurut Endang, air bersih tersebut akan disalurkan ke sejumlah daerah setelah ada permintaan dari setiap kabupaten di DIY. 

BACA JUGA: Kemarau Panjang, Warga Kulonprogo Mulai Ajukan Permintaan Dropping Air Bersih

Hingga saat ini menurut Endang, pihaknya masih belum menerima permintaan dropping air dari kabupaten di DIY. "Jadi ini kami masih menunggu permintaan, kalau ada permintaan nanti kan di bulan Juli baru dropping. Ini kami menunggu permintaan, kalau permintaan untuk dropping air ada nanti kami kirim,” katanya, Minggu (11/6/2023).

Menurut Endang, suplai air ke daerah yang rawan kekeringan, seperti di Gunungkidul, dilakukan dengan bekerjasama dengan Dinsos dan BPBD kabupaten setempat. Menurutnya, suplai air dari Dinsos DIY untuk melengkapi kebutuhan suplai air yang tidak dapat dipenuhi oleh kabupaten setempat.

BACA JUGA: Kemarau Baru Mulai, Warga Gunungkidul Sudah Ada yang Kesulitan Air Bersih

“Kami membantu dari Dinsos provinsi, seperti sekarang kami belum ada permintaan berarti dari kabupaten kota yang menindaklanjuti. Apabila mereka tidak bisa mencukupi baru kami tindak lanjuti,” katanya. 

Menurut Endang, biasanya memasuki bulan Juli atau perkiraan terjadinya puncak kemarau, BPBD kabupaten akan mengajukan permintaan untuk dropping air. “Biasanya bulan depan, Juli pasti ada untuk kami tindak lanjuti,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dua Anggota DPR Terpilih Gugat Cak Imin ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

News
| Jum'at, 20 September 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement