Advertisement

Pengelolaan ZIS oleh Baznas Sleman Diaudit Syariah

Lugas Subarkah
Senin, 12 Juni 2023 - 21:47 WIB
Maya Herawati
Pengelolaan ZIS oleh Baznas Sleman Diaudit Syariah Ketua Tim Audit Syariah Inspektorat Kemenag RI, Miftakhul Huda, membuka kegiatan audit syariah Baznas Sleman, Sennin (12/6/2023) - ist/Pemkab Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Tim Audit Syariah Inspektorat Kementerian Agama (Kemenag) RI mengaudit secara syariah atas pengelolaan dana zakat, infak, sedekah (ZIS) dan dana sosial pada Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Sleman, Senin (12/6/2023).

Ketua Tim Audit Syariah Inspektorat Kemenag RI, Miftakhul Huda, mengatakan pelaksanaan audit syariah ini merupakan kegiatan yang bersifat pendampingan atau konsultasi terkait dengan pengelolaan dana keagamaan yang pada Baznas Kabupaten Sleman.

Advertisement

"Audit Syariah mengedepankan pendampingan dan konsultasi terkait pengelolaan dana zakat, infak, sedekah dan dana keagaman lainnya yang dikelola Baznas Sleman, juga untuk memastikan dana dikelola dengan profesional dan disampaikan kepada yang berhak menerima," katanya.

Audit syariah ini meliputi manajemen kelembagaan, pengumpulan dana, pendistribusian dan pendayagunaan, serta kepatuhan terhadap standar syariah. Selain Baznas Sleman, audit syariah juga dilakukan di Baznas Jogja dan berlangsung selama satu pekan.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengatakankedatangan Tim Audit Inspektorat Kemenag RI semakin memotivasi kami untuk lebih semakin profesional dalam mengumpulkan dan menyalurkan zakat, infak dan sedekah di Kabupaten Sleman.

BACA JUGA: Mafia Tanah Kas Desa, Robinson Saalino Didakwa Jaksa Melanggar 3 Jenis Aturan, Begini Detailnya

Menurutnya, audit syariah ini menjadi bentuk pertanggungjawaban Baznas Sleman. "Saya sangat mendukung pelaksanaan audit syari’ah ini sebagai bentuk pertanggungjawaban dan transparansi pengelolaan zakat, infak dan shodaqoh yang dikelola oleh Baznas Kabupaten Sleman," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Kustini menyampaikan bahwa penghimpunan dana oleh Baznas Sleman mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pada 2022, Baznas Sleman berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp9,5 miliar. Capaian tersebut naik 42% dari tahun 2021 sebesar Rp6,9 miliar.

Sementara dana yang telah ditasyarufkan sebesar Rp7,6 miliar dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 28.603 orang. "Pentasyarufan tersebut melalui lima program unggulan Baznas, yakni Sleman Taqwa, Sleman Cerdas, Sleman Makmur, Sleman Sehat dan Sleman Peduli," ungkapnya.

Ia berharap dengan adanya audit syariah dan pendampingan pengelolaan dana Baznas Sleman, dapat menjadi motivasi untuk senantiasa profesional dalam mengelola dana yang dipercayakan Muzaki kepada Baznas Sleman sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 8 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kunker Jokowi Diduga karena Menghindari Demo Hari Buruh, Istana Bilang Begini

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement