Advertisement

Kota Jogja Seleksi Dua KK Calon Transmigran untuk Diberangkatkan Akhir 2023

Sunartono
Senin, 03 Juli 2023 - 22:07 WIB
Sunartono
Kota Jogja Seleksi Dua KK Calon Transmigran untuk Diberangkatkan Akhir 2023 Transmigrasi - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kota Jogja sedang mempersiapkan proses seleksi untuk memilih dua kepala keluarga (KK) yang akan diberangkatkan mengikuti program transmigrasi di Kabupaten Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat pada akhir 2023.

Pemkot Jogja memastikan seluruh sumber daya manusia (SDM) dari dua KK terpilih akan dipersiapkan secara matang. Sehingga ketika diterjunkan ke lokasi transmigrasi bisa bertahan dan mandiri. Pemkot Jogja bersama Disnakertrans DIY telah melakukan peninjauan di Satuan Pemukiman Salu Lisu, Kecamatan Tobadak, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat pada Juni 2023 lalu.

Advertisement

BACA JUGA : Disnakertrans Kulonprogo Optimistis Peroleh Kuota 

“Program ini sistemnya sinergi antara Pemerintah Pusat dan Kabupaten Mamuju Tengah menyiapkan lahan, rumah tinggal hingga jaminan hidup. Kemudian kami dari daerah asal menyiapkan calon transmigran ini dengan memberikan pelatihan, bantuan uang saku dan transportasi sampai ke lokasi tujuan,” kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Jogja Maryustion Tonang, Senin (3/7/2023).

Ia menambahkan dengan telah ditetapkan dua kuota tersebut, saat ini Pemkot Jogja sedang melakukan persiapan untuk melakukan seleks. Ada sejumlah kriteria persyaratan bagi dua KK yang terpilih, di antaranya mereka berusia produktif hingga memiliki minat dan semangat mengikuti program transmigrasi.

“Kami tetap melakukan proses seleksi lebih dahulu dalam memilih dua KK itu. Untuk memastikan keduanya memenuhi syarat sesuai aturan yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Setelah ditetapkan dua KK terpilih, mereka akan diberikan pembekalan melalui sejumlah pelatihan. Adapun fokus materinya lebih diarahkan pada pertanian sawit. Mengingat lokasi tujuan para transmigran potensi untuk pengembangan sawit.

BACA JUGA : Kuota Belum Pasti, Puluhan Warga Gunungkidul Siap 

“Sehingga pelatihan yang kami berikan sesuai dengan kebutuhan di lapangan, di sana lebih banyak dikembangkan pertanian sawit,” ujarnya.

Adapun rencana pemberangkatan diperkirakan pada triwulan keempat 2023 atau pada Oktober hingga November mendatang. “Karena Kota Jogja sudah masuk daftar tunggu untuk pemberangkatan, setelah siap, nanti para transmigran  ini akan dibekali uang saku untuk bekal selama di lokasi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Eks Kepala Bea Cukai Jogja Eko Darmanto Diduga Lakukan Pencucian Uang Capai Rp37,7 Miliar

News
| Senin, 06 Mei 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement