Advertisement

Tol Jogja Solo Ruas Ringroad Trihanggo-Junction Sleman Mulai Dikerjakan, Tersambung dengan Tol Jogja Bawen

Catur Dwi Janati
Senin, 17 Juli 2023 - 21:57 WIB
Sunartono
Tol Jogja Solo Ruas Ringroad Trihanggo-Junction Sleman Mulai Dikerjakan, Tersambung dengan Tol Jogja Bawen Proyek Tol Jogja Solo. - JIBI/Bisnis.com/Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pengerjaan tol Jogja Solo ruas Trihanggo-Junction Sleman sepanjang 3,25 kilometer atau masuk dalam proyek paket 2.2 mulai dikerjakan. Pihak pelaksana proyek tol Jogja Solo melakukan audiensi dengan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyampaikan terkait mulainya pengerjaan konstruksi.

Project Director PT. Adhi Karya, Oka Chandra Sukmana menjelaskan pertemuan dengan Pemkab Sleman untuk menginformasikan terkait persiapan pengerjaan konstruksi paket 2.2 tol Jogja Solo. Ruas ini akan menjai pertama dari Tol Jogja Solo yang konstruksinya di wilayah DIY mulai dikerjakan. "Pekerjaannya saat ini sudah mulai, jadi sudah di SPMK [surat perintah mulai kerja]," ungkapnya pada Senin (17/7/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Ruas Maguwo-Trihanggo Tol Jogja Solo Dibangun Paling

Konstruksi proyek Tol Jogja Solo paket 2.2 ini merupakan ruas yang menghubungkan antara ringroad Trihanggo dengan pintu keluar atau exit toll Jogja Bawen. Pengerjana konstruksi akan dimulai dari batasnya ruas tol Jogja Bawen.

"Persiapan akan mulai pengerjaan di paket 2.2, pengerjaan tol 2.2 dari batasnya Jogja Bawen yang di sebelah SMP Mlati itu sampai dengan ring road utara. Ring road utaranya itu di perempatan Jalan Kabupaten, Trihanggo. Sepanjang sekitar empat kilo-an [di perencanaan 3,25 kilometer]," ujarnya

Adapun proses pengerjaan konstruksi yang sudah berjalan ialah pengerjaan tanah di sebelah SMP Mlati yang merupakan batas pengerjaan tol Jogja Bawen. "Itu sampai dengan Trihanggo yang sebelum masuk ring road itu sudah mulai sekarang. Tapi kalau di ring road-nya mulai September nanti," katanya.

Oka bersama timnya akan menggarap dari titik pintu keluar tol Jogja Bawen yang masuk dalam ranah proyek tol Jogja Solo. Nantinya pintu ini akan tersambung menuju ring road Trihanggo, Sleman. Pengerjaan paket ini ditargetkan rampung di Mei 2024 mendatang.

"Kami hanya bikin pintu keluarnya Jogja Bawen saja. Nyambung Jogja - Bawen menuju ring road saja. Bikin untuk keluar dan masuknya," ujarnya.

BACA JUGA : Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Belum Tuntas

Perihal tanah, sebagian tanah di ruas proyek ini telah dibebaskan. Meskipun memang masih ada beberapa yang belum dibebaskan.

"Tanah itu sebagian sudah dibebaskan. Masih ada sisa yang belum dibebaskan. Kami hanya mengerjakan yang sudah dibebaskan. Yang belum dibebaskan belum kita kerjakan," tegasnya.

Proyek paket 2,2 yang mengintegrasikan tol tol Jogja Solo dengan tol Jogja Bawen ini menghabiskan anggaran sekitar Rp1,1 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Waspadai Dampak Suhu Panas Maksimal Harian, BMKG: Bisa Mencapai 37-38,4 Derajat Celsius

News
| Senin, 28 Oktober 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement