Advertisement

Minta Warga Jogja Tak Buang Sampah di Jalan, PJ Walikota Ajak Bikin Biopori

Triyo Handoko
Sabtu, 29 Juli 2023 - 18:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Minta Warga Jogja Tak Buang Sampah di Jalan, PJ Walikota Ajak Bikin Biopori Pejabat Walikota Jogja Singgih Raharjo saat membuat biopori dalam peluncuran Gerakan Mbah DIrjo di Kelurahan Giwangan, Sabtu (29/7/2023). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja meluncurkan gerakan mengolah limbah dan sampah dengan biopori ala Jogja (Mbah Dirjo) di Kelurahan Giwangan, Sabtu (29/7/2023). Gerakan Mbah Dirjo ini diluncurkan langsung oleh Pejabat Walikota Singgih Raharjo bersama pengurus Bank Sampah Giwang Bersih 11, Kemantren Umbulharjo.

Singgih menjelaskan biopori jadi solusi yang patut dicoba untuk mengatasi masalah sampah di wilayahnya. Sampah organik yang mendominasi sampah di Jogja, menurut Singgih, dapat dikurangi dengan penanganan menggunakan biopori.

Advertisement

Lewat model pengelolaan biopori untuk menampung sampah organik, Singgih optimistis volume sampah di wilayahnya dapat ditekan. “Kalau volume sampahnya menurun maka umur TPA Piyungan juga akan semakin lama, sehingga tidak akan ada lagi situasi darurat sampah,” ujarnya.

Pemkot Jogja, lanjut Singgih, terus berupaya mengatasi masalah sampah di wilayahnya. “Berbagai depo kini sudah dibuka, pengiriman sampah ke TPA Piyungan juga juga sudah dilakukan sesuai jatah alokasi yang ada. Ke depan, program pengurangan volume sampah akan kian digencarkan,” katanya.

Baca juga: ASN Bantul Tidak Memilah Sampah Bisa Nggak Naik Pangkat, Bupati: Buat Contoh Masyarakat

Singgih juga meminta warganya untuk tidak membuang sampah di tepi jalan di wilayahnya. “Karena depo sudah buka maka silahkan dibuang ke depo, atau menahan diri dengan mulai menggunakan biopori untuk sampah organik,” terangnya.

Daripada membuang sampah ke tepi jalan yang dapat mengganggu kepentingan bersama, sambung Singgih, lebih baik dilakukan pembuatan biopori. “Kota Jogja ini juga memiliki kekhasan dalam bioporinya,” jelasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jogja yang turut mengikuti kegiatan tersebut menyebut terdapat beragam jenis biopori yang dapat dibuat masyarakat secara swadaya. “Paling tidak ada tiga jenis biopori ala Jogja, biopori jumbo darurat, biopori reguler, dan biopori jumbo,” katanya.

Aman yang juga Ketua Forum Bank Sampah Kota Jogja ini menyebut pembuatan biopori dapat dilakukan dengan mudah oleh masyarakat luas. “Kami juga akan sosialisasikan biopori ini lebih gencar lagi di forum-forum bank sampah supaya dapat dicontoh bersama,” ucapnya.

Selain untuk meminimalisir pembuangan sampah ke tepian jalan, menurut Aman, biopori juga hemat digunakan. “Jelas dapat mengurangi volume sampah dan biopori ini hasilnya juga bisa digunakan bersama yaitu kompos atau pupuk,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

LPS Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir dan Tanah Longsor di Kabupaten Luwu

News
| Senin, 13 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement