Advertisement

Mal Pelayanan Publik di Terminal Dhaksinarga Wonosari Bakal Jadi Percontohan

David Kurniawan
Minggu, 30 Juli 2023 - 08:37 WIB
Sunartono
Mal Pelayanan Publik di Terminal Dhaksinarga Wonosari Bakal Jadi Percontohan Seorang pengunjung sedang duduk di ruang tunggu penjualan tiket bus Akap di Terminal Dhaksinarga, Wonosari. Selasa (4/4/2023). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Gunungkidul mengklaim upaya mendirikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Terminal Dhaksinarga mendapatkan banyak apresiasi. Pasalnya, selain menghemat anggaran, program ini juga sebagai upaya menghidupkan terminal.

Cara ini menjadi perhatian sejumlah daerah sehingga ingin meniru mendirikan MPP di area terminal. Pelaksana Tugas DPMPTSP Gunungkidul, Irawan Jatmiko mengatakan, pembangunan MPP di Gunungkidul sudah dimulai sejak 2020 lalu.

Advertisement

BACA JUGA : Mal Pelayanan Publik Kota Jogja Integrasikan Beragam

Namun karena terdampak pandemi, maka grand launching baru terlaksana di akhir 2022. Uniknya, pembangunan MPP tidak dibarengi dengan pembangunan gedung baru karena layanan memanfaatkan lantai dua di Terminal Dhaksinarga di Kalurahan Selang, Wonosari.

“Kalau harus membangun gedung baru butuh biaya sekitar Rp30 miliar. Tapi, kami tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk membangun MPP,” kata Irawan, Minggu (30/7/2023).

Dia menjelaskan, pemanfaatan area terminal untuk MPP sudah dikoordinasikan dengan Kementerian Perhubungan. Pada awal pemanfaatan hanya ada empat booth pelayanan, namun sekarang sudah berkembang menjadi 17 booth. “Total ada 85 jenis layanan mulai dari disdukcapil, perbankan, kepolisian, kejaksaan hingga masalah BPJS,” ungkapnya.

Irawan menambahkan, pelayanan MPP di terminal merupakan hubungan yang saling menguntungkan. Pasalnya, dari sisi pemkab memberikan kemudahan layanan ke masyarakat, sedangkan dari sisi pengelolaan terminal bisa menjadi upaya pendongkrak kunjungan agar lebih ramai.

“Banyak yang belajar ke Gunungkidul dan ingin meniru membangun MPP di terminal sehingga banyak yang melakukan studi banding,” katanya.

BACA JUGA : Tingkatkan Kualitas Layanan, Pemkot Jogja Resmikan Mall Pelayanan Publik

Menurut dia, beberapa terminal seperti di Cilacap, Purwokerto hingga Wonosobo berencana dilengkapi MPP. “Pengembangan MPP di Gunungkidul jadi satu-satunya yang didirikan di terminal. Jadi, banyak yang ingin mengikutinya sehingga menghemat biaya pembangunan,” katanya.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Dhaksinarga, Aris Farwanto mengatakan, kementerian perhubungan sangat mengapresiasi dibangunnya MPP di kawasan terminal. Kolaborasi ini dinilai sangat positif karena tidak hanya menjadi embrio dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi, tapi juga mempermudah pelayanan ke masyarakat.

“Dari data yang masuk, kerja sama ini juga mampu untuk menghidupkan terminal sehingga bisa lebih ramai lagi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mesin Pesawat Garuda Pengangkut Jemaah Haji Terbakar, Begini Reaksi Kemenag

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement