Advertisement

1.000 Bibit Durian Musang King Ditanam di Ponjong Gunungkidul

David Kurniawan
Jum'at, 04 Agustus 2023 - 08:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
1.000 Bibit Durian Musang King Ditanam di Ponjong Gunungkidul Ilustrasi buah durian. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sedikitnya 1.000 bibit pohon durian jenis musang king ditanam di Kalurahan Tambakromo, Ponjong, Gunungkidul Kamis (3/8/2023). Bantuan ini diberikan sebagai dukungan untuk mewujudkan Gunungkidul sebagai sentra durian di DIY.

Simbolisasi penanaman dipimpin langsung oleh Bupati Gunungkidul, Sunaryanta. Perwakilan Kelompok tani di Kalurahan Sumarno mengatakan, penanaman durian difokuskan Dusun Jambedawe dan Garon. Total lahan yang diperuntukan menanam durian seluas sepuluh hektare. "Selain bibit, juga ada bantuan pupuk untuk pemeliharaan," katanya kepada wartawan, Kamis siang.

Advertisement

Sumarno menuturkan, budidaya durian di Tambakromo bukan hal yang baru. Pasalnya, pengembangan sudah dimulai sejak 2018 lalu. "Budidaya awal dengan jenis Kencono rukmni dan sekarang sudah mulai berbuah,“ katanya.

Baca juga: Malioboro Jadi Jalur Pedestrian, Ini Gedung dan Bangunan yang Hilang

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi DIY Sugeng Purwanto mengatakan, gerakan tanam durian ini dalam rangka pengembangan kawasan durian di Gunungkidul. Ia menilai kawasan untuk pengembangan sehingga bisa mendukung Gunungkidul sebagai sentra durian di DIY. “Kondisi geografisnya sangat bagus untuk pengembangan buah durian," katanya.

Ia berharap masyarakat menjaga dan merawat tanaman ini dengan baik. Sebab legalitas dan sertifikasi bibit durian varian Musang King ini clear dan bagus serta sudah terverifikasi. "Harus terus dipelihara agar hasilnya tidak mengecewakan," katanya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, butuh pemeliharaan dan ketekunan ekstra agar bibit durian ini berbuah sesuai harapan. Ia berharap budidaya bisa berhasil sehingga memberikan nilai ekonomi bagi para petani. “Harga durian musang king mahal. Harapannya bisa berhasil sehingga kesejahteraan petani bisa ditingkatkan,“ katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Garuda Indonesia Terbangkan 4.232 Jemaah Calon Haji dari 11 Kloter di Fase Pertama

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement