Advertisement

MUI Minta Seluruh Usaha Kuliner DIY Wajib Tersertifikasi Halal

Yosef Leon
Rabu, 09 Agustus 2023 - 10:27 WIB
Sunartono
MUI Minta Seluruh Usaha Kuliner DIY Wajib Tersertifikasi Halal Suasana pelantikan LPPOM MUI DIY pada Selasa (8/8/2023) di kantor Kemenag DIY. - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—LPPOM MUI mengajak seluruh pelaku usaha makanan, minuman dan kosmetik untuk segera mendaftarkan produknya untuk mendapatkan sertifikasi halal sebelum Oktober 2024 mendatang. Sebab Oktober tahun depan seluruh kuliner harus sudah mendapatkan sertifikasi halal dari pemerintah. 

"Produk kekinian juga kami dorong untuk ikut sertifikasi halal, itu kan bukan pilihan tapi wajib. Oktober 2024 sudah wajib untuk kuliner. Kalau kemarin kan masih pilihan, tapi ke depan wajib dan harus ikut sertifikasi halal," kata Direktur Utama LPPOM MUI Muti Arintawati saat pelantikan pengurus LPPOM MUI DIY, Selasa (8/8/2023). 

Advertisement

BACA JUGA : 1.200 UMKM Jogja Ditargetkan Punya Sertifikasi Halal

Ia mengakui upaya untuk mendorong pelaku usaha kuliner mendapat sertifikasi halal memang jadi tantangan cukup berat. Oleh sebab itu perlu kerja sama dengan sejumlah pihak agar target bisa tercapai.

"Target kami sedapat mungkin semua sudah tersertifikasi, memang kerja besar dan harus bersama-sama," ujarnya. 

Hanya saja Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) harus berhati-hati lantaran target untuk mewujudkan sertifikasi halal pada semua produk kuliner berpotensi disalahgunakan. "Memang perlu hati-hati. LPH punya PR besar untuk memastikan saat mereka daftar atau audit ke lokasi dan setelah keluar sertifikat pelaku usaha akan terus memantau," ujarnya. 

Direktur LPPOM MUI DIY Profesor Budi Kuntoro akan bersinergi dengan LPH untuk mewujudkan seluruh produk kuliner di wilayahnya tersertifikasi. Selain itu akan digelar pelatihan dan pendampingan kepada pelaku usaha agar semua produk bisa disertifikasi. 

"Kami akan identifikasi yang sudah dan yang belum tersertifikasi akan diberikan penyuluhan dan pelatihan yang nantinya juga akan membantu para usahawan untuk daftar," katanya. 

BACA JUGA : Insan Pariwisata Jogja Kini Bisa Tenang, Pengurusan Sertifikat Halal Bakal Didampingi

Ada dua cara dalam memperoleh sertifikasi halal yakni dengan self declare yakni pelaku usaha mengajukan sendiri ke MUI. Dan kedua lewat pemeriksaan dari LPPOM MUI oleh auditor mereka. Nantinya jika pelaku usaha dinilai sudah memenuhi syarat akan disidang oleh komite halal. 

"Sekarang ada dua tim fatwa yang sudah ada yakni dari MUI komisi fatwa dan di UIN juga ada tim fatwa," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Bertemu Sekjen Cormann, Tegaskan Komitmen Percepat Proses Keanggotaan Indonesia.

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement