Advertisement

Canggih! UGM Punya Alat Skrining Tuberkulosis Berteknologi AI

Lugas Subarkah
Rabu, 09 Agustus 2023 - 20:27 WIB
Arief Junianto
Canggih! UGM Punya Alat Skrining Tuberkulosis Berteknologi AI Penandatanganan berita acara penyerahan FDR Xair dari FUJIFILM Indonesia kepada FK-KMK UGM, di FK-KMK UGM, Rabu (9/8/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—FUJIFILM Indonesia memberi bantuan satu unit Portable X-Ray Digital dengan teknologi artificial intelligence (AI) kepada UGM, Rabu (9/8). Hal ini merupakan bentuk dukungan pada program Active Case Finding (ACF) atau penemuan kasus tuberkulosis (TB) secara aktif yang dilakukan oleh Zero TB Yogyakarta.

Pemerintah telah menargetkan setidaknya 90% dari kasus tuberkulosis di Indonesia dapat terdeteksi pada 2024. Untuk meningkatkan penemuan kasus secara aktif, FUJIFILM menghadirkan Portable X-Ray Digital untuk Zero TB Yogyakarta, melalui Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM.

Advertisement

President Director dari FUJIFILM Indonesia, Masato Yamamoto menjelaskan Portable X-Ray adalah alat rontgen portabel yang merupakan salah satu inovasi teknologi terkini dari FUJIFILM. Alat itu mampu melakukan foto rontgen secara lebih cepat dengan dosis radiasi yang rendah dan mudah dibawa ke mana saja, termasuk ke daerah-daerah yang lokasinya jauh dari fasilitas pelayanan kesehatan.

BACA JUGA: Para Penderita TBC Diminta Saling Menguatkan untuk Sembuh

Penggunaan alat ini dapat mempercepat proses skrining penyakit tuberkolosis menggunakan Rontgen dada karena alat ini sudah dilengkapi dengan artificial intelligence yang akan membantu dalam menentukan terduga sakit tuberkulosis. “Kami percaya Portable X-Ray akan menjadi aset yang tak ternilai dalam melawan penyakit ini, karena fiturnya yang ringan dan sifatnya yang portabel akan membantu Anda menjangkau orang-orang di daerah terpencil dengan akses terbatas ke fasilitas pemeriksaan kesehatan,” ujarnya.

FUJIFILM Indonesia terus menghadirkan beragam inovasi guna memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. “Dalam hal ini, kami bertekad untuk membantu mewujudkan Indonesia bebas Tuberkulosis dengan teknologi yang dapat mempermudah akses deteksi dini bagi penduduk yang berada jauh dari fasilitas kesehatan,” katanya.

Project Leader Zero TB Yogyakarta, Rina Triasih, menuturkan salah satu kegiatan utama Zero TB Yogyakarta adalah melakukan ACF menggunakan rontgen dada. Tim ACF Zero TB Yogyakarta bekerja sama dengan puskesmas melakukan ACF dengan menghadirkan rontgen ke tengah masyarakat. “Jadi yang kami lakukan adalah jemput bola,”paparnya.

Ia mengapresiasi dukungan dari FUJIFILM Indonesia dalam upaya eliminasi TBC di Indonesia. Ia berharap akan banyak pihak lainnya yang terlibat dalam upaya yang sama karena eliminasi TBC bukan hanya merupakan tanggung jawab sektor kesehatan, dan hanya akan tercapai jika semua pihak terlibat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement