Advertisement

Rawan Kecelakaan, Kok Masih Banyak Pengendara di Imogiri Barat Tak Gunakan Helm

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 18 September 2023 - 18:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Rawan Kecelakaan, Kok Masih Banyak Pengendara di Imogiri Barat Tak Gunakan Helm Kecelakaan /Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Berdasarkan catatan Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul, Jalan Imogiri Barat ditetapkan sebagai jalan paling rawan kecelakaan selama 2023. Meski begitu, masih banyak pengendara kendaraan bermotor roda dua yang tidak mengenakan helm di jalan tersebut. 

Kepala Dishub Bantul, Singgih Riyadi menyampaikan Jalan Imogiri Barat merupakan jalan kabupaten paling rawan kecelakaan selama tahun 2023. Di jalan tersebut menurut Singgih banyak pengendara tidak menggunakan kelengkapan kendaraan bermotor sesuai standar seperti penggunaan helm Standar Nasional Indonesia (SNI). 

Advertisement

Baca Juga: Awas! Lima Lokasi di Kulonprogo Ini Rawan Kecelakaan

“Kemungkinan masyarakat yang mengabaikan karena jarang dilakukan operasi tertib lalu lintas, mungkin itu,” katanya melalui telepon, Senin (18/9/2023). 

Padahal menurut Singgih helm sangat penting untuk menjaga keamanan selama berkendara, bagi pengguna kendaraan roda dua. 

Menurut Singgih mayoritas kecelakaan didominasi oleh kendaraan roda dua dengan mayoritas pengendara berada di usia muda. Kemudian, menurut Singgih kecelakaan mayoritas terjadi pada waktu-waktu tertentu yakni pukul 06.00-09.00 WIB atau bersamaan dengan jam berangkat sekolah/kerja, dan pukul 15.00-18.00 WIB atau bersamaan dengan jam pulang kerja.  

Singgih pun mengimbau agar pengendara tetap menggunakan kelengkapan kendaraan bermotor sesuai standar dan mematuhi lalu lintas saat berkendara. 

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas, kedua masyarakat harus mulai membudayakan bahwa keselamatan itu kebutuhan, bukan seakan-akan menggunakan helm itu kewajiban, itu harus menjadi kebutuhan karena itu berdampak pada keselamatan diri kita dan orang lain,” katanya. 

Singgih pun mengaku pihaknya dengan kepolisian setempat telah menggelar berbagai operasi tertib berlalu lintas untuk meningkatkan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sapi Kurban Presiden Jokowi dari Bone Bernama Turbo, Milik Anggota TNI

News
| Sabtu, 15 Juni 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement