Advertisement

Unik! Sumur Bor di Semin Gunungkidul Mengalirkan Air 4 Tahun Tanpa Henti

David Kurniawan
Jum'at, 22 September 2023 - 14:47 WIB
Sunartono
Unik! Sumur Bor di Semin Gunungkidul Mengalirkan Air 4 Tahun Tanpa Henti Sutilah, petani asal Kalurahan Bendung saat menunjukan sumur bor miliknya yang terus mengeluarkan air dengan sendirinya sejak dibuat di 2019 lalu. Jumat (22/9/2023). Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Warga Dusun/Padukuhan Widoro Lor, Bendung, Semin, Gunungkidul sempat digegerkan adanya pembuatan sumur bor yang airnya mengalir dengan sendiri di 2019 lalu. Empat tahun berselang, sumur ini tetap mengalirkan air tanpa bantuan mesin pompa.

Sum bor di tengah area pertanian ini dimiliki oleh Sutilah. Adapun kedalamannya mencapai 60 meter. Tidak dalam bentuk ukuran sumur bor, tapi uniknya air bisa keluar dengan sendirinya dan alirannya ditampung ke dua buah kolam, yang lokasinya tak jauh dari instalasi.

Advertisement

Kolam ini tidak hanya berfungsi untuk memelihara ikan, tapi juga untuk pengairan dalam proses pemeliharaan sayuran seperti kankung, cabai hingga bawang merah. Pemilik sumur, Sutilah mengakui sejak dibangun empat tahun yang lalu hingga sekarang airnya tidak berhenti mengalir.

BACA JUGA : Antisipasi Kekeringan, Puluhan Sumur Bor Akan Dibangun di Berbagai Wilayah DIY

“Dari pertama keluar hingga empat tahun berselang air terus mengalir tanpa bantuan mesin pompa. Kalau musim hujan, aliran bisa lebih besar lagi,” kata Sutilah saat ditemui di lokasi sumur di lahan pertanian di Padukuhan Widoro Lor, Bendung, Jumat (22/9/2023).

Dia sempat membuka instalasi pipa untuk menyalurkan air ke bak kolam penampungan. Air terus mengalir dengan sendirinya memenuhi bak yang dibuat menggunakan buis beton.

“Makanya ditutup dan disalurkan ke kolam. Kalau tidak airnya malah kemana-mana,” katanya.

Sutilah tidak menampik keberadaan sumur sangat membantu dalam urusan pertanian. Sebagai contoh, meski masuk musim kemarau tidak kesulitan air.

Di sisi lain juga dimanfaatkan untuk pertanian seperti menanam kangkung, cabai dan bawang merah. “Ini baru memetik kangkung. Tapi, istirahat dulu karena panas. Ada juga kolam ikan yang hasilnya bisa menambah pendapatan,” katanya.

Lurah Bendung, Didik Rubiyanto mengatakan, sumur bor di Padukuhan Widoro Lor merupakan fenomena yang unik. Pasalnya, berbeda dengan sumur bor lainnya karena dapat mengeluarkan air dengan sendirinya.

BACA JUGA : Kekeringan Mengancam DIY, BPDB Upayakan Sumur Bor

“Umumnya sumur bor bisa keluar air dengan bantuan mesin pompa, tapi ini tidak. Air bisa keluar sendiri sejak dibangun di 2019 lalu,” katanya.

Menurut dia, aliran dari sumur dimanfaatkan petani sekitar untuk Bertani. “Jadi ada manfaatnya karena dapat membantu warga,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Bakal Susun Kursi Menteri hingga 40, Gerindra Membantah

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement