Advertisement

Jumlah Zona Selamat Sekolah di Bantul Masih Minim

Lugas Subarkah
Jum'at, 29 September 2023 - 14:37 WIB
Ujang Hasanudin
Jumlah Zona Selamat Sekolah di Bantul Masih Minim Pengendara melewati zona selamat sekolah di depan SMPN 1 Sewon, beberapa waktu lalu. - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Zona selamat sekolah sangat dibutuhkan untuk meminimalisir kecelakaan di jalan lingkungan sekolah, terutama yang berada di pinggir jalan besar. Sayangnya saat ini di Bantul jumlahnya belum memenuhi kebutuhan, karena keterbatasan anggaran.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Bantul, Sri Harsono, menjelaskan di Bantul saat ini baru terdapat sekitar 10 zona selamat sekolah. “Ada di SMPN 1 Imogiri, SDN Kembangsonog, SMPN 1 Pleret, SMPN 1 Banguntapan, SMPN 1 Bantul, SMPN 1 Sewon, sekitar 10 totalnya,” ujarnya, Jumat (29/9/2023).

Advertisement

Zona selamat sekolah ini selain untuk meningkatkan keselamatan anak sekolah, juga mendukung Bantul sebagai Kabupaten Layak Anak. “Jadi anak-anak sekolah ini kami lindungi terkait keselamatannya. Pengguna jalan kalau ada rambu atau marka zona selamat sekolah, ketika melaju di sana harus dikurangi kecepatannya,” katanya.

Untuk menciptakan kepatuhan pengguna jalan, Dinas Perhubungan biasanya menggelar sosialisasi dengan menerjunkan petugas di zona selamat sekolah. Sosialisasi ini dilakukan untuk zona selamat sekolah yang baru dan berlangsung selama satu hingga dua minggu.

Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Singgih Riyadi, mengakui jumlah zona selamat sekolah yang sudah ada saat ini memang belum mencukupi kebutuhan. “Permohonan dari sekolah-sekolah banyak sekali, tapi memang anggaran kami yang terbatas,” ungkapnya.

Adapun permohonan zona selamat sekolah yang masuk ke Dinas Perhubungan Bantul menurutnya sekitar 30 sekolah. “Rata-rata sekolah-sekolah yang berada di jalan protokol kabupaten, itu pada mengajukan. Jadi nanti masih bisa bertambah,” paparnya.

BACA JUGA: Ada 8 Sekolah di Bantul Terima Rp200 Juta untuk Pembuatan ZoSS, Ini Daftarnya...

Ia berharap di 2024 nanti akan ada penambahan zona selamat sekolah, walau belum bisa memenuhi seluruh permohonan yang sudah diajukan. Adapun anggaran yang dibutuhkan untuk membuat sat zona selamat sekolah jika dulu Rp25 juta, saat ini standard-nya Rp50 juta.

“Nanti di dalam zona selamat sekolah itu, di jalan kami buat marka, kemudian ada rambu-rambunya. Kalau yang selama ini belum dilengkapi rambu-rambunya. Tahun 2024 nanti pagunya menjadi RP50 juta, sudah standard seperti yang dipersyaratkan Kementerian Perhubungan,”  katanya.

Untuk membantu anggaran yang terbatas tersebut, beberapa zona selamat sekolah juga dibuat melalui mekanisme aspirasi DPRD Bantul. “kami sambut bagus ketika DPRD berkenan untuk mengalokasikan anggaran untuk zona selamat sekolah,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banjir Afghanistan, 400 Orang Dilaporkan Meninggal Dunia

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement