Advertisement

Sejumlah LPJU di 4 Kapanewon Kulonprogo Mati, Ternyata Komponennya Hilang Digondol Maling

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 08 November 2023 - 20:07 WIB
Arief Junianto
Sejumlah LPJU di 4 Kapanewon Kulonprogo Mati, Ternyata Komponennya Hilang Digondol Maling Ilustrasi LPJU. - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo menerima laporan hilangnya puluhan komponen di boks KWh Meter penerangan jalan umum (PJU). Padahal komponen tersebut penting untuk tetap menjaga lampu tetap menyala sehingga risiko kecelakaan dapat diminimalkan.

Kepala Dishub Kulonprogo, Lucius Bowo Pristiyanto mengatakan pihaknya menerima laporan kehilangan komponen di boks KWh Meter PJU. Komponen tersebut berupa Miniature Circuit Breaker (MCB) Beban, Magnetic Contactor (MC), dan Timer.

Advertisement

Rinciannya jumlah MCB Beban yang hilang sebanyak 45 pcs, lalu MC sebanyak 16 pcs, dan timer dua pcs. Lokasi kehilangan tersebut tersebar di empat kapanewon. Di Wates, ada lima MCB Beban hilang, lima MC, dan satu timer. Lalu, di Pengasih ada tiga MCB Beban hilang dan tiga MC.

“Di Temon ada tujuh titik lokasi pencurian. Komponen hilang ada MCB Beban sebanyak enam pcs, MCB PLN ada dua, MC ada tujuh pcs,” kata Bowo, Rabu (8/11/2023).

Sementara di Sentolo ada dua titik lokasi pencurian yaitu di sekitar Koramil ke arah Selatan atau Sentolo Lor dan Barat Tugu Pensil Sentolo. Komponen yang hilang ada satu Timer, satu MCB Beban, dan satu MC. 

Bowo menjelaskan sebab hilangnya komponen itu menyebabkan lampu PJU mati. Dari situ beberapa warga melapor ke Dishub Kulonprogo. Menurut dia, dugaan pencurian terjadi ketika siang hari di tengah keramaian. “Dugaan kami pencurian terjadi siang hari dan di tengah keramaian. Tidak seperti lazimnya pencurian yang terjadi malam hari,” katanya.

Menurutnya, pelaku pencurian sengaja melakukan aksinya di siang hari di tengah keramaian agar dapat mengelabui sekitarnya seolah-olah petugas Dinas Perhubungan. “Imbau kepada masyarakat untuk mengawasi bersama-sama. Sekiranya ada yang mencurigakan di sekitar KWh Meter laporkan saja karena di Boks KWh Meter ada kontak telefon kami juga,” ucapnya.

BACA JUGA: Ratusan Lampu Penerangan Jalan Dipasang di Titik Rawan Kulonprogo

Sementara itu, Kepala UPT Pengelolaan Penerangan Jalan Umum Dishub Kulonprogo, Iswanta, menjelaskan per boks, rata-rata menjadi panel untuk membagai daya listrik untuk 5-12 PJU. Dengan begitu, apabila satu boks rusak akibat komponen hilang maka banyak titik yang gelap gulita. 

Iswanta mengatakan kerusakan tersebut sangat merugikan pengguna jalan. Selain menurunkan angka kecelakaan lalu lintas, PJU juga mengurangi tindak kejahatan di jalanan pada malam hari. 

Atas kejadian tersebut, Iswanta lantas membuat laporan ke Polres Kulonprogo pada Rabu (8/11/2023) sore. “Saya baru di Polres Kulonprogo membuat laporan terkait hilangnya komponen KWh Meter PJU,” kata Iswanta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puluhan Benda Bersejarah dari Masa Majapahit, Dikembalikan AS ke Indonesia dan Kamboja

News
| Sabtu, 27 April 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement