Advertisement

Jelang Libur Nataru 2023, Okupansi Hotel di Bantul Mencapai 70 Persen

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 13 November 2023 - 14:37 WIB
Sunartono
Jelang Libur Nataru 2023, Okupansi Hotel di Bantul Mencapai 70 Persen Ilustrasi Hotel/ Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2023, okupansi hotel di Bantul mulai meningkat. Diperkirakan peningkatan tersebut terus berlanjut hingga mendekati libur Nataru. 

“Okupansi hotel di Bantul sudah mulai meningkat. Pada November [2023] sudah merangkak naik sekitar 50 persen, sementara Desember sudah pada angka 70 persen pemesanannya,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bantul Yohanes Hendra saat dihubungi melalui telepon, Senin (13/11/2023). 

Advertisement

Dari jumlah keterisian kamar hotel  tersebut, penghuni kamar hotel tersebut sebagian besar merupakan wisatawan domestik yang menginap bersama keluarga. Sementara penghuni kamar hotel dari sektor korporasi dinilai mulai menurun menuju penghujung tahun.

BACA JUGA : Oktober 2023 Okupansi Hotel DIY Rata-Rata 45-50 Persen

“Untuk korporasi dan instansi karena sudah akhir tahun kegiatannya sudah mulai tidak ada karena sudah mulai pembukuan dan lainnya. Nanti mulai ada kegiatan MICE dari pemerintah juga korporat sekitar Maret-April [2024],” ujarnya. 

Saat ini menurut Yohanes beberapa hotel di Bantul masih menerima pemesanan, diperkirakan awal Desember 2023 pesanan hotel di Kabupaten Bantul akan mengalami kenaikannya secara signifikan lantaran semakin mendekati libur akhir tahun. 

“Ini masih November [2023], nanti baru tanggal 1 [Desember 2023] akan kita ketahui pemesanannya [hotel] seperti apa,” ujarnya. 

Ia berharap okupansi hotel pada akhir tahun 2023 akan menyamai atau bahkan lebih tinggi dari libur akhir tahun 2022. Akhir tahun 2022 okupansi hotel di Bantul mencapai lebih dari 90 persen. Menurut Yohanes tingginya okupansi tersebut lantaran wisatawan telah lama tidak menikmati liburan selama pandemi Covid 19. 

Dia menyampaikan beberapa hotel dan restoran akan mengusung konsep tertentu saat libur akhir tahun. Konsep tersebut diusung untuk dapat menarik wisatawan berkunjung dan menginap di hotel dan restoran tersebut. 

“Beberapa resto akan ada promosi, di hotel akan ada acara gala dinner dan akustik. Di Little Tokyo misalnya akan ada Hanabi Festival, atau pesta kembang api dengan ketentuan penjunjung datang menggunakan baju ala Jepang,” katanya. 

BACA JUGA : Jogja Banyak Event, Okupansi Hotel Terdongkrak

Dia pun berharap Pemkab Bantul beserta stakeholder terkait terus menggencarkan promosi pariwisata Bantul, sehingga dapat berdampak pada peningkatan okupansi hotel dan kunjungan restoran di Kabupaten Bantul menjelang akhir tahun. 

“Harapannya dinas dan stakeholder terkait pariwisata dapat lebih gencar lagi mempromosikan pariwisata, dibutuhkan promosi di sosial media untuk mengundang wisatawan bisa berkunjung ke Bantul,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Digugat Praperadilan di PN Jaksel Oleh Sekjen DPR Indra Iskandar, Ini Kasusnya

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Punya Kedalaman 116 Meter, Hongyancun Jadi Stasiun Kereta Bawah Tanah Terdalam di Dunia

Wisata
| Jum'at, 17 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement