Advertisement

KPU Resmi Tetapkan Capres-Cawapres Pemilu 2024, Mesin Politik Partai di Jogja Mulai Bergerak

Yosef Leon
Selasa, 14 November 2023 - 13:07 WIB
Abdul Hamied Razak
KPU Resmi Tetapkan Capres-Cawapres Pemilu 2024, Mesin Politik Partai di Jogja Mulai Bergerak Bendera partai politik peserta pemilu / doc

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah partai politik (parpol) di wilayah Jogja mulai memanaskan mesin politiknya setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara resmi menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Calon Presiden dan Wakil Presiden yang akan berkompetisi pada Pemilu 2024.

Sekretaris DPD PDIP DIY Totok Hedi Santosa mengatakan, partainya menargetkan pasangan Ganjar-Mahfud bisa meraih sebanyak 70 persen suara pada Pilpres mendatang. Menurutnya masyarakat Jogja tentu tertarik dengan pasangan Ganjar-Mahfud lantaran Ganjar sejak muda sudah tinggal di Jogja, sehingga banyak komunitas dan relawan yang sudah terhubung dengan mantan Gubernur Jawa Tengah itu. 

Advertisement

BACA JUGA: KPU Izinkan Pasangan Capres-Cawapres Berkampanye selama 75 Hari

"Jogja kan istimewa, salah satu yang menggolkan Undang-undang Keistimewaan itu Panja-nya Ganjar, sehingga upaya kita sama-sama berjuang untuk keistimewaan dari masyarakat, dukuh dan lurah bergerak bersama, yang di Jakarta itu yang berjuang Ganjar sebagai ketua," kata Totok, Selasa (14/11/2023)

Pada Pilpres 2019 lalu, Totok menyebut raihan suara partainya di DIY sebanyak 60 persen. Ia juga menyebut dengan bergabungnya Gibran ke kubu Prabowo tidak menjadi soal yang akan mengganggu raihan suara partai. "Gabungnya Gibran ke Gerindra tidak pengaruh, dia punya pengaruh apa ke PDIP kan ga ada. Dulu kita menang kan tidak ada pengaruh Gibran di sana. Ganjar-Mahfud optimistis menang satu putaran," jelasnya. 

Kepala Bapilu Golkar DIY John S Keban menyebut, pihaknya berharap pasangan yang diusung oleh koalisi sembilan partai itu bisa menang satu putaran di wilayah setempat. Sebab dari hasil survei tiga lembaga kredibel, John mengatakan tingkat keterpilihan Prabowo-Gibran ada di angka 40 persen. "Target kita sama seperti Jokowi 2019 70 persen. DIY kami pastikan 70 persen akan diraih oleh Prabowo-Gibran. Kita 9 parpol sudah konsolidasi dan kerja keras serta bangun banyak relawan," kata dia. 

John mengatakan, dirinya tahu persis kekuatan relawannya di wilayah setempat. Apalagi Gibran merupakan tokoh muda yang nantinya bakal mengeruk suara dari kaum millenial. "Ini kan suatu terobosan bahwa anak muda diberi ruang mengisi negara ini dan orang membuka ruang secara terbuka kepada anak muda tampil di panggung politik nasional. DIY anak muda banyak sekali pemilihnya, dengan demikian kami yakin mereka akan menduķung penuh," kata John. 

Sementara Sekretaris DPW Nasdem DIY Suharno menyampaikan, target Anies-Muhaimin bisa mendulang 40 persen suara di wilayah setempat. Pihaknya mengaku sudah bergerak mulai dari tingkat basis sampai ke level partai dan relawan. Pihaknya menawarkan kepada masyarakat untuk mengingat bahwa Anies merupakan tokoh yang lama besar dan bertumbuh di Jogja, sehingga sangat cocok untuk menjadi pemimpin. 

BACA JUGA: Perbedaan Hasil Survei Indikator Politik dan Charta Politika Terhadap Para Capres dan Cawapres

"Bibitnya sudah jelas dia anak pahlawan, besar dan tumbuh di Jogja. Tanpa mengecilkan yang lain kita tetap gerak mulai dari ormas dan jaringan struktural," kata dia. 

Suharno menambahkan, setiap kabupaten kota di wilayah setempat tak luput dari jangkauan pihaknya untuk memenangkan Anies-Muhaimin. "Kita gerak sudah di kota Sleman dan Gunungkidul, bahkan sampai tingkat padukuhan sudah kita datangi. Berupaya lah semoga ada gerakan perubahan yang membangun Indonesia secara utuh. Kami semakin solid bergerak mempersatukan kader dan struktur pengurus," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenlu Pastikan Tak Ada WNI Saat Pesawat Singapore Airlines Alami Turbulensi

News
| Rabu, 22 Mei 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement