Advertisement

Pembangunan Embung Giwangan Hampir Rampung, Ada Gedung Perkantoran dan Panggung Terbuka

Triyo Handoko
Selasa, 14 November 2023 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Pembangunan Embung Giwangan Hampir Rampung, Ada Gedung Perkantoran dan Panggung Terbuka Suasana penyelarasan akhir pembangunan Embung Giwangan bagian area masuk dan perkantoran yang masih dikerjakan. - Istimewa/DPUPKP Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Program pembangunan Embung Giwangan sudah mencapai 75%. Hingga Selasa (14/11/2023), ada tiga objek pembangunan yang sudah rampung dikerjakan, yaitu gedung perkantoran, panggung terbuka, dan area parkir.

Sisa pembangunan yang sedang dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) tinggal penyelarasan akhir seperti pemasangan instalasi listrik, tata cahaya dan lampu, hingga plesteran serta pengecatan bangunan yang sudah dibangun. “Targetnya selesai pada 22 Desember mendatang,” kata Kepala Bidang Penataan Bangunan DPUPKP Jogja, Fakhrul Nur Cahyanto, Selasa siang.

Advertisement

Fakhrul menjelaskan gedung perkantoran yang dibangun berfungsi untuk operasional Embung Giwangan seperti penjualan tiket, kantor manajemen, hingga penunjang fungsi-fungsi administratif lain di area itu. “Sementara panggung terbuka untuk menunjang kegiatan-kegiatan di Embung Giwangan nantinya, kapasitas penonton panggung terbuka ini sekitar 500 orang, kursi duduk sudah terbangun seluruhnya,” jelasnya.

Sementara area parkir, jelas Fakhrul, juga sudah mumpuni di mana sebelumnya tanah biasa kini sudah dibangun konblok dimana kapasitasnya dapat menampung 3.000 motor dan 20 mobil. “Area parkir ini di dalam Embung Giwangan untuk menunjang pengunjung yang datang,” terangnya.

BACA JUGA: Catat! Ini Dua Proyek di Kota Jogja Pakai Danais Senilai Rp43 Miliar

Pengerjaan proyek Embung Giwangan, lanjut Fakhrul, berjalan lancar sesuai perencanaan. “Kalau lihat jadwal target bahkan bisa rampung sebelum itu, semuanya selama ini lancar pengerjaannya,” ucapnya.

DPUPKP tidak berhenti dalam pembangunan tiga objek itu saja, sambung Fakhrul, direncanakan ada pembangunan tambahan untuk 2024 mendatang. “Kami sudah menyusun rencana pembangunan Embung Giwangan untuk 2024, rencananya ada pembangunan gedung graha budaya untuk indoornya. Setelah tahun ini panggung terbuka, tahun depan gedung pertunjukan indoor. Tetapi masih menunggu persetujuan DPRD Jogja,” ungkapnya.

Pembangunan gedung graha budaya, menurut Fakhrul, juga jadi aspirasi Dinas Kebudayaan yang jadi penanggung jawab utama Embung Giwangan. “Fungsi perencanan pembangunan gedung graha budaya ini untuk melengkapi fasilitas Embung Giwangan agar makin representatif dan menunjang kegiatan-kegiatan di Kota Jogja di sisi selatan,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perhatikan! Per 1 Mei 2024 Pengajuan Berkas Kasasi dan PK di MA Wajib Daring

News
| Minggu, 28 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement