Advertisement

Pj Bupati Kulonprogo Dorong Kemandirian KIM

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 14 November 2023 - 22:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pj Bupati Kulonprogo Dorong Kemandirian KIM Pj Bupati Kulonprogo, Ni Made Dwipanti Indrayanti sedang meninjau pertanian bawang merah di Bulak Srikayangan pada Kamis (21/9/2023). (Harian Jogja - Andreas Yuda Pramono)

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo menggelar Puncak Penghargaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Award 2023 di Gedung Field Research Center (FRC) UGM, Wates, Kulonprogo pada Senin (13/11/2023). Dalam penghargaan tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Kulonprogo, Ni Made Dwipanti Indrayanti, mendorong agar KIM memiliki kemandirian untuk melakukan usaha ekonomi seperti koperasi dan usaha peternakan dengan melakukan pemberdayaan masyarakat.

Made mengatakan KIM berperan sebagai media forum yaitu sekelompok masyarakat yang memiliki aktivitas mengikuti informasi dari berbagai sumber, kemudian mendiskusikan hasil monitoring, dan menyalurkan informasi kepada masyarakat sekitarnya. Selain di tataran diseminasi informasi, KIM juga mengimplementasikan informasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Advertisement

Baca Juga:

Figur Inspirasi Lokal 2023 Digulirkan untuk Pemberdayaan Masyarakat

Reformasi Pemberdayaan Masyarakat Jadi Upaya Pengentasan Kemiskinan DIY

BKK Danais Jadi Upaya Pemberdayaan Masyarakat Kulonprogo

Sebab itu, dia berharap agar semua kalurahan di Kulonprogo memiliki KIM. Dengan begitu diseminasi informasi dan pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan dengan efektif. Selain itu, Made mendorong agar KIM mampu memiliki kemandirian dalam hal berusaha. Usaha ekonomi yang dapat dijajal yaitu koperasi dan usaha peternakan dengan melakukan pemberdayaan masyarakat.

"KIM perlu pula menjalin kerja sama dengan pihak luar dengan membentuk networking atau jejaring baik dengan sesama KIM maupun dengan kedinasan, BUMN, swasta, maupun akademisi. Denga begitu tidak 100 persen menggantungkan dana dari Pemerintah Kalurahan,” kata Made dalam rilis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perhatikan! Per 1 Mei 2024 Pengajuan Berkas Kasasi dan PK di MA Wajib Daring

News
| Minggu, 28 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement