Advertisement

Posyandu Kunci 02 Golo Sabet Penghargaan Kategori Inovasi Terbaik Nasional

Alfi Annisa Karin
Rabu, 15 November 2023 - 22:47 WIB
Alfi Annisa Karin
Posyandu Kunci 02 Golo Sabet Penghargaan Kategori Inovasi Terbaik Nasional

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Pos pelayanan terpadu (Posyandu) Kunci 02 Golo kembali menyabet peringkat pertama kategori Posyandu Inovasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023. Posyandu yang berlokasi di Kelurahan Pandeyan dan di bawah Puskesmas Umbulharjo I ini mengembangkan inovasi Telogo 2 atau Telegram Online Golo 2.

Telogo 2 merupakan sistem pencatatan hasil penimbangan, pendataan, hingga perkembangan balita dengan memanfaatkan Telegram yang terhubung dengan aplikasi. Telogo 2 mulai dikembangkan saat pandemi Covid-19 tahun 2022 lalu. Selanjutnya, inovasi ini kembali ditindaklanjuti untuk berkompetensi dengan inovasi posyandu lainnya pada tahun 2023.

Advertisement

Baca Juga: 14 Puskesmas di Gunungkidul Berikan Layanan Telemedicine

Lurah Pandeyan, Sugiyanto menyebut Telogo 2 menjadi jawaban dari keluhan para kader posyandu. Di satu sisi kader tak bisa melakukan penimbangan lantaran aktivitas tatap muka saat itu dibatasi. Namun, di sisi lain kader harus tetap melakukan pelaporan kepada puskesmas.

“Balita-balita yang tadinya tidak bisa ke posyandu, bisa lewat itu (Telogo 2) untuk laporan-laporannya, sehingga untuk PMT (pemberian makanan tambahan) kita langsung door to door. Jadi, muncul karena ada masalah tidak boleh tatap muka,” ujar Sugiyanto, Rabu (15/11/2023).

Telogo 2 bisa diakses oleh semua kader posyandu. Hasil laporan perkembangan balita di wilayah juga terhubung dengan sistem milik kelurahan dan puskesmas. Balita akan ditimbang dan didata sehingga diketahui terkait dengan status kesehatan dan status gizinya. Jika ditemui balita dengan kondisi tertentu, maka akan diberi langkah tindak lanjut.

“Misalnya, balita saat penimbangan gizinya turun atau tumbuh kembangnya turun bisa diketahui, sehingga bisa dilakukan tindak lanjutnya, dalam hal ini puskesmas untuk segera menindaklanjuti. Kira-kira apa yang harus dilakukan dengan adanya laporan seperti ini,” imbuhnya.

Baca Juga: Bikin Panduan Layanan Puskesmas, Dinkes Jogja Buat Posyandu Percontohan

Sugiyanto mengaku bangga atas penghargaan yang diperoleh Posyandu Kunci 02 Golo. Inovasi semacam ini menurutnya baru muncul pertama kali di Indonesia. Setelah menjadi posyandu dengan inovasi terbaik, beberapa pihak turut mengunjungi Posyandu Kunci 02 Golo untuk mengetahui secara langsung aktivitas di dalamnya. Dia berharap inovasi ini bisa turut diterapkan di puskesmas lainnya. 

“Salah satu penghargaan di akhir tahun yang luar biasa dari Golo 02 sampai tingkat Nasional,” katanya.

Baca Juga: 16 Puskesmas Jogja Terakreditasi Paripurna, Dinkes: Bukti Tingkatkan Layanan Kesehatan

Salah satu kader Posyandu Kunci 02 Golo Agustina Sriwaningsih mengaku sangat terbantu dengan adanya inovasi Telogo 2. Sebelum ada inovasi ini, dia harus membuat data D/S atau indikator yang menggambarkan tingkat partisipasi masyarakat dalam kegiatan di posyandu ini secara manual. Namun, kini semua telah terdata lewat Telogo 2, termasuk status kesehatan dan status gizi balita. Puskesmas juga akan mengetahui secara langsung data-data apa saja yang kurang terkait dengan balita melalui Telogo 2 itu. Lalu, akan meminta kader untuk kembali melengkapi data yang kurang, sehinga nilai D/S tetap tinggi. Dia mengatakan nantinya inovasi tak hanya akan berhenti pada sasaran balita.

“Ke depan akan membuat inovasi lagi karena sekarang baru anak-anak saja. Kita sudah berencana Telogo 2 untuk sasaran ibu hamil, semoga bisa terlaksana,” harapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mahkamah Pidana Internasional Diminta Tegas Bertindak Terhadap Israel

News
| Rabu, 15 Mei 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement