Advertisement

DKPP Bantul Imbau Petani Lakukan Penanaman Menyesuaikan Kondisi Cuaca

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 17 November 2023 - 08:47 WIB
Sunartono
DKPP Bantul Imbau Petani Lakukan Penanaman Menyesuaikan Kondisi Cuaca Foto ilustrasi tanaman padi yang di sawah. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Menghadapi perubahan cuaca dan iklim yang terjadi di DIY, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bantul mengimbau petani melakukan penanaman sesuai dengan kondisi iklim dan cuaca. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bantul, Joko Waluyo menyampaikan saat ini petani di Kabupaten Bantul melakukan penanaman sesuai dengan kondisi cuaca dan iklim. Daerah perbukitan saat ini menurut Joko telah mulai menyiapkan lahan untuk penanaman, sementara di daerah dataran rendah telah melakukan penanaman sesuai dengan pola tanam yang dianjurkan DKPP Kabupaten Bantul. 

Advertisement

“Sekarang sudah ada beberapa titik yang masih ada air untuk menanam sesuai pola tanam. Ada beberapa titik yang sudah mulai tanam palawija atau padi,” katanya melalui telepon, Kamis (16/11/2023). 

BACA JUGA : Debit Air Jadi Pertimbangan Utama, Rencana Tata Tanam di Kulonprogo 2024 Mulai Disusun

Dia menyampaikan sebelumnya DKPP Bantul telah meminta agar petani dapat menanam tanaman palawija untuk mengantisipasi gagal panen selama musim kemarau. Terjadinya El Nino selama musim kemarau diperkirakan akan menyebabkan pasokan air ke lahan persawahan akan berkurang. Sehingga pola penanaman tersebut disarankan DKPP Kabupaten Bantul. 

Meski begitu, menurutnya beberapa petani melakukan pertanian tanaman padi umur pendek yang tidak memerlukan banyak air.

“Beberapa daerah persawahan masih ada air, meskipun tidak sebanyak saat tidak terjadi El Nino,” katanya. 

Sementara memasuki awal musim penghujan, Joko menyampaikan  DKPP Kabupaten Bantul bersama beberapa kelompok tani telah melakukan angkat walet. Melalui kegiatan tersebut, dilakukan pembersihan saluran irigasi, sehingga apabila musim penghujan tiba, diharapkan air dapat mengalir dengan baik.  

Dia menyampaikan DKPP Kabupaten Bantul pun setiap hari melakukan pemantauan tanaman pangan yang ditanam petani. Dalam pemantauan tersebut, DKPP Kabupaten Bantul berupaya untuk memastikan kondisi tanaman para petani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Saat Singapore Airlines Turbulensi, Penumpang Terpental Hingga Bagasi Kabin

News
| Rabu, 22 Mei 2024, 01:57 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement