Advertisement

Investasi Gunungkidul Makin Moncer, Belum Tutup Buku Target Sudah Terlampaui

David Kurniawan
Senin, 20 November 2023 - 17:17 WIB
Arief Junianto
Investasi Gunungkidul Makin Moncer, Belum Tutup Buku Target Sudah Terlampaui Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Iklim investasi di Gunungkidul kian kondusif. Hal ini terlihat dari masuknya investor yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Gunungkidul mencatat pada 2021 target investasi mencapai Rp261 miliar, realisasinya sebesar Rp282,8 miliar.

Advertisement

Setahun berikutnya, pemkab menaikan target investasi menjadi Rp341 miliar. Meski target naik, tetapi seiring pulihnya ekonomi pascapandemi berdampak positif. Nilai investasi yang masuk naik signifikan dan tercatat sebesar Rp634,4 miliar.

Kepala DPMPTSP Gunungkidul, Agung Danarto mengatakan, wilayah Bumi Handayani semakin dilirik investor. Pasalnya, nilai investasi yang terus meningkat setiap tahunnya.

Menurut dia, perkembangan investasi yang semakin baik, tak lepas dari kebijakan pemkab yang memberikan kemudahan pelayanan dalam perizinan. “Peningkatan investasi ini diharapkan dapat berdampak terhadap upaya meningkatkan kesejahteraan Masyarakat,” kata Agung kepada wartawan, Senin (20/11/2023).

Dia menjelaskan, iklim investasi yang semakin moncer bisa dilihat dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Indikator ini tidak hanya terlihat dari naiknya target, namun realisasinya juga terus mengalami peningkatan.

Agung mencontohkan, tahun ini pemkab menargetkan investasi yang masuk sebesar Rp447 miliar. Adapun realisasinya hingga pertengahan November ini sudah mencapai Rp451,4 miliar. “Sejak 2021 lalu investasi yang masuk terus melampaui target. Mudah-mudahan ke depannya juga terus berkembang dengan baik,” katanya.

Dia optimistis investasi di Gunungkidul akan terus berkembang. Keyakinan ini tak lepas adanya kemudahan akses. Salah satunya makin mulusnya Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) diprediksi akan berdampak secara signfikan tehadap masuknya investor. “Investor yang masuk masih didominasi dari sektor kepariwisataan,” kata mantan Panewu Wonosari ini.

BACA JUGA: Perkuat Digitalisasi di Masyarakat, Pemkot Persilahkan Swasta Masuk Investasi Jaringan Internet

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan, investasi merupakan salah satu program unggulan yang dimiliki. Ia tidak menampik, investor yang masuk mayoritas dari sektor wisata.

Dia pun ingin ada kawasan atau klaster wisata yang bisa dibangun berstandar internasional. Diharapkan dengan wacana ini bisa berdampak terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Harapannya juga bisa ada pemerataan. Saat ini memang masih terkonsentrasi  di zona Selatan, tapi ke depannya bisa menyebar ke sektor utara juga,” katanya.

Meski membuka peluang investor sebesar-besarnya, namun Sunaryanta tidak serta merta langsung memberikan izin. Ia menegaskan, proses pengurusan izin harus sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Aturan yang ada harus tetap dipatuhi dan tidak sembarangan memberikan izin,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kerusakan Akibat Gempa Garut Terjadi di Empat Kabupaten, Terparah Bandung

News
| Minggu, 28 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement