Advertisement

Serapan Rendah, Petani Gunungkidul Diminta Segera Tebus Pupuk Bersubsidi

David Kurniawan
Rabu, 22 November 2023 - 07:47 WIB
Sunartono
Serapan Rendah, Petani Gunungkidul Diminta Segera Tebus Pupuk Bersubsidi Pupuk bersubsidi - Ilustrasi/JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pertanian dan Pangan di Gunungkidul berharap ke petani segera menebus alokasi pupuk bersubsidi yang dimiliki. Hal ini tak lepas dari serapan yang belum optimal dikarenakan masih di kisaran 50% penyerapannya.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Raharjo Yuwono mengatakan, tahun ini mendapatkan jatah pupuk urea bersubsidi sebanyak 25.534 ton. Adapun realisasinya baru di kisaran 45,5% atau terserap sebanyak 10.712 ton.

Advertisement

Hal yang sama juga terlihat dari pupuk phonska. Tahun ini mendapat jatah sebanyak 12.102 ton, namun baru terserap 6.765 ton atau 55,9% dari kuota yang dimiliki.

BACA JUGA : Penyaluran Pupuk Subsidi di Bantul Baru Sekitar 50 Persen

“Masih banyak petani yang belum menebus,” kata Raharjo kepada wartawan, Selasa (21/11/2023).

Selain pupuk bersubsidi reguler, juga ada pupuk NPK formula khusus yang juga disubsidi pemerintah. Pupuk jenis khusus ini diperuntukan bagi petani kakao.

Hanya saja, sambung Raharjo, hingga sekarang juga belum ada realisasi penggunaan. “Sudah dua tahun berjalan. Tapi, sekarang realsiasinya juga belum ada,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul Rismiyadi mengatakan ada banyak faktor yang membuat penyerapan pupuk bersubsidi belum maksimal. Menurut dia, salah satunya dikarenakan hujan belum turun secara penuh sehingga petani masih enggan menebusnya. “Mungkin masih menunggu hujan turun,” katanya.

Dia memprediksi, penyerapan pupuk subsidi akan tinggi pada awal hingga Desember. Selain sudah memasuki musim hujan, di bulan ini juga menjadi masa pemupukan awal di tanam pertama di musim penghujan.

“Untuk stok tidak ada masalah. Yang jelas, saat petani membutuhkan sudah ada karena alokasinya masih banyak,” katanya.

BACA JUGA : Musim Tanam Mundur karena El Nino, Banyak Pupuk Bersubsidi di Sleman Belum Ditebus Petani

Terpisah, Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perdagangan Gunungkidul, Asar Jajang Riyanti mengatakan, terus melakukan pemantauan terhadap stok pupuk di pasaran. Beberapa waktu lalu mengadakan inspeksi mendadak ke kios penyalur pupuk bersubsidi di Gunungkidul.

Kegiatan ini dilakukan untuk memantau harga jual di pasaran. Adapun lokasinya berada di Kapanewon Ronkop, Patuk, Playen dan Girisubo. “Pemantauan untuk memastikan harga jual tidak melebihi harga eceran tertinggi dari Pemerintah,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sidang Eks Menteri Pertanian SYL, KPK Bawa 4 Saksi dari Kementan

News
| Senin, 06 Mei 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement