Advertisement

Girang, Ratusan Petani Tembakau di Sleman Terima BLT

Catur Dwi Janati
Rabu, 29 November 2023 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Girang, Ratusan Petani Tembakau di Sleman Terima BLT Suasana penyerahan BLT DBHCHT secara simbolis kepada para petani tembakau di Sleman pada Rabu (29/11/2023). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Sosial (Dinsos) Sleman kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) kepada para penerima. Kali ini, ratusan petani tembakau di Sleman jadi sasaran penerima bantuan. 

Kepala Dinas Sosial Sleman, Mustadi mengatakan BLT DBHCHT rutin diberikan setiap tahun.

Advertisement

Ada dua sasaran penerima bantuan ini. Pertama ialah buruh pabrik rokok, dan yang kedua adalah para petani tembakau. "BLT DBHCHT untuk tahun ini adalah yang kedua," kata Mustadi, Rabu (29/11/2023).

Pada kategori sasaran petani tembakau, ada 184 orang yang menerima bantuan ini. Masing-masing penerima mendapat bantuan tunai sebesar Rp600.000 per orang.

Total BLT DBHCHT yang dikucurkan kepada para petani tembakau di Sleman mencapai lebih dari Rp110 juta. 

Ribuan Pekerja Buruh Rokok di Jogja Terima Bantuan Langsung Tunai

Sebelumnya, Dinsos juga telah menyalurkan bantuan serupa kepada ratusan buruh pabrik rokok. Ada 718 buruh pabrik rokok yang disasar bantuan ini dengan alokasi anggaran mencapai lebih dari Rp430 juta.

Mustadi berharap bantuan ini dapat menambah semangat para buruh pabrik dalam bekerja dan menjaga kualitasnya. Mereka sebagai tenaga kerja juga punya andil terhadap dalam bantuan ini. 

"Termasuk para petani, harapannya para petani tembakau tetap melaksanakan pengolahan tembakau dengan baik. Sehingga kualitas tembakau menjadi baik. Kemudian juga produksinya semakin baik, meningkat," tegasnya. 

BACA JUGA: Ribuan Pekerja Buruh Rokok di Jogja Terima Bantuan Langsung Tunai

Salah satu petani tembakau penerima bantuan, Gimin mengaku senang atas bantuan ini. Petani asal Tempel yang telah menjadi tembakau sejak 2011 itu berharap bantuan semacam ini dapat secara rutin diberikan. 

"Kalau dibantu otomatis kami senang dan kalau bisa dipertahankan yang semacam ini. Jadi untuk merangsang petani tembakau dan tenaga-tenaga itu ada pengarep-arepnya gitu," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gibran Enggan Beberkan Hasil Pembahasan Kementerian Baru dengan Prabowo di Kartanegara

News
| Sabtu, 24 Februari 2024, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Pelancong Masuk ke Thailand Diwajibkan Bawa Uang Tunai Minimal Rp6,7 Juta

Wisata
| Jum'at, 23 Februari 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement