Advertisement

FPK Gunungkidul Ingin Tiru Keberagaman di Salatiga

David Kurniawan
Kamis, 30 November 2023 - 21:07 WIB
Maya Herawati
FPK Gunungkidul Ingin Tiru Keberagaman di Salatiga FPK Salatiga saat melakukan audiens dengan Kesbangpol Gunungkidul dan FKP Gunungkidul di Ruang Rapat Handayani, Pemkab Gunungkidul, Kamis (30/22/2023). (Harian Jogja - David Kurniawan)

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Gunungkidul ingin meniru langkah Kota Salatiga, Jawa Tengah dalam menjaga toleransi antarwarga. Hal ini disampaikan oleh Ketua FPK Gunungkidul, Heri Nugroho saat beraudiensi dengan perwakilan FPK Salatiga di ruang rapat Handayani, Setda Gunungkidul, Kamis (30/11/2023).

“Salatiga pernah menjadi nomor satu dan sekarang nomor dua untuk toleransi sehingga kita [Gunungkidul] harus belajar banyak dari sana [Salatiga],” kata Heri, Kamis siang. Menurut dia, dilihat dari sisi kamejemukan Salatiga memiliki lebih banyak etnis suku bangsa yang tinggal. Ia mencatat ada 39 etnis yang tinggal namun dapat hidup membaur aman dan damai.

Advertisement

“Kami [FPK Gunungkidul] baru berusia dua tahun. Tapi, semoga bisa terus memberikan andil dalam menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

BACA JUGA: Peneliti UGM Pastikan Nyamuk Aedes Aegypti dengan Wolbachia Aman untuk Manusia dan Lingkungan

Ketua FPK Salatiga, Amin Siahaan mengatakan kunjungan ke Gunungkidul sebagai sarana untuk mempererat tali silahturahmi. Ia tidak menampik, wilayahnya ditetapkan sebagai kota paling toleran di Indonesia.

Menurut dia, banyak hal yang dilakukan untuk dapat mempererat persatuan dan kesatuan di tengah Masyarakat yang majemuk. “Di Salatiga ada 39 etnis yang tinggal dan dapat terus hidup rukun dan damai,” katanya.

Amin menjelaskan untuk menjaga toleransi dilakukan dengan melaksanakan kegiatan yang dapat memupuk rasa kebersamaan. Sebagai contoh, rutin meyelenggarakan gebyar kebangsaan dan festival makanan khas yang melibatkan seluruh etnis yang ada di Salatiga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gibran Enggan Beberkan Hasil Pembahasan Kementerian Baru dengan Prabowo di Kartanegara

News
| Sabtu, 24 Februari 2024, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Pelancong Masuk ke Thailand Diwajibkan Bawa Uang Tunai Minimal Rp6,7 Juta

Wisata
| Jum'at, 23 Februari 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement