Advertisement

Jelang Nataru, BPTD Kelas III Yogyakarta Memasang Sejumlah LPJU di JJLS

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 04 Desember 2023 - 19:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Jelang Nataru, BPTD Kelas III Yogyakarta Memasang Sejumlah LPJU di JJLS Ilustrasi lampu penerangan jalan umum (IST - Freepik)\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL– Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas III Yogyakarta telah memasang sejumlah lampu penerangan jalan umum (LPJU) di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) ruas Pandansimo-Samas. Pemasangan tersebut untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas III Yogyakarta Yanti Marliana menyampaikan BPTD Kelas III Yogyakarta  telah melakukan persiapan Nataru sejak Oktober 2023. Dalam persiapan tersebut, pihaknya melakukan upaya pemasangan LPJU di JJLS serta ramp check sejumlah kendaraan. 

Advertisement

“Tahun ini kita pasang 38 [unit] PJU tunggal di JJLS Bantul ruas Pandansimo-Samas. [PJU] sudah selesai terpasang,” katanya saat dihubungi melalui telepon, Senin (4/12/2023). 

Lebih lanjut, Staf BPTD Kelas III DIY Karsi menyampaikan pengadaan LPJU di JJLS Bantul ruas Pandansimo-Samas telah dengan kebutuhan. 

“Dari Samas-Pandansimo sudah cukup. Kita menghitung setiap 50 meter 1 tiang, di ruas tersebut sudah terpenuhi,” katanya. 

Baca Juga:

Lampu Penerangan Jalan di Gunungkidul Dihitung Ulang, Ternyata untuk Kepentingan Aset

Pemkab Sleman Targetkan 2.089 Titik Lampu Jalan Terpasang Tahun Ini

Anggaran Terbatas, DIY Masih Kekurangan Lampu Jalan

Sementara menurut dia kebutuhan LPJU masih ada di beberapa ruas lainnya. Menurutnya, karena keterbatasan anggaran pengadaan LPJU hanya di beberapa ruas jalan nasional. Di wilayah Gunungkidul misalnya tahun ini BPTD Kelas III Yogyakarta hanya dilakukan pengadaan 30 unit LPJU. 

“Kebutuhan [LPJU] masih cukup banyak, karena keterbatasan anggaran baru bisa mengakomodir itu. Kita sambil jalan pelan dengan anggaran yang ada,” katanya. 

Dia pun mengaku hingga saat ini belum dilakukan perhitungan kebutuhan LPJU di jalan nasional tahun 2023. Menurut dia, perlu koordinasi dengan Badan Pengelola Jalan Nasional (BPJN) Jateng-DIY untuk melakukan inventarisasi LPJU yang telah dan akan dipasang. 

“Tahun ini sudah selesai pengadaan, tahun 2024 nanti kita lakukan pengadaan kembali kalau memang diperlukan mendesak di jalan tersebut,” ujarnya. 

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul, Sri Harsono mengapresiasi pengadaan LPJU di JJLS tersebut. Menurut dia, adanya LPJU di wilayah tersebut dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan dan kriminalitas di kawasan tersebut. 

“Itu [pemasangan LPJU] untuk kenyamanan dan pengguna jalan yang kalau jalannya gelap berpotensi kerumunan dan terjadi kejahatan jalanan. Setelah dipasang LPJU harapannya tidak terjadi kerumunan disana,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gibran Enggan Beberkan Hasil Pembahasan Kementerian Baru dengan Prabowo di Kartanegara

News
| Sabtu, 24 Februari 2024, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Pelancong Masuk ke Thailand Diwajibkan Bawa Uang Tunai Minimal Rp6,7 Juta

Wisata
| Jum'at, 23 Februari 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement