Advertisement

Logistik Pemilu 2024, KPU Jogja: Dipastikan Aman dari Risiko Pencurian

Newswire
Senin, 18 Desember 2023 - 13:17 WIB
Maya Herawati
Logistik Pemilu 2024, KPU Jogja: Dipastikan Aman dari Risiko Pencurian Bilik suara Pemilu 2024 disalurkan. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Seluruh logistik Pemilu 2024 yang tersimpan di gudang penyimpanan dipastikan aman dari risiko pencurian dan kerusakan akibat cuaca. Hal ini dipastikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Jogja Noor Harsya Aryosamodro.

"Kami sudah memiliki tata kelola8 dan standar prosedur untuk keamanan, baik secara fisik (gedung penyimpanan) maupun SDM," kata Noor Harsya di Jogja, Senin (18/12/2023).

Advertisement

Menurut Harsya, untuk menghindari risiko pencurian, logistik pemilu yang tersimpan di dua bangunan gedung penyimpanan di Jalan Pramuka, Kota Jogja dijaga ketat oleh tim keamanan KPU bersama personel kepolisian selama 24 jam. "Kami memiliki tenaga satuan keamanan dan didukung empat personel Polresta Jogja," ujar dia.

Secara periodik, lanjut Harsya, tim dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik DIY juga melakukan monitoring untuk memastikan logistik di gudang penyimpanan dalam kondisi aman. "Kami secara rutin melakukan pemantauan di gudang baik unsur komisioner maupun sekretariat yang bertanggung jawab terkait logistik pemilu," kata dia.

Sementara itu, untuk melindungi dari risiko terkena air atau banjir maupun kebakaran, Harsya memastikan fasilitas fisik gedung penyimpanan baik pada dinding maupun atap telah memenuhi standar yang ditentukan.

"Fasilitas fisik atap, dinding gedung, alat keamanan kebakaran, dan SDM keamanannya seluruhnya sudah kami penuhi," kata dia.

Harsya menjelaskan saat ini seluruh logistik tahap pertama yang mencakup bilik suara, kotak suara, tinta, segel, alat tulis kantor, alas dan paku coblos, hingga plastik pembungkus kotak suara telah tersimpan di gudang.

BACA JUGA: Pemda DIY Bangun 17 Rumah Tak Layak Huni Integrasi di Imogiri Bantul

Sementara untuk surat suara, salinan daftar caleg DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan kabupaten kota maupun capres-cawapres serta seluruh pengadaan logistik tahap dua diperkirakan baru tiba di gudang logistik di Jalan Pramuka, Kota Jogja pada pertengahan Januari 2024.

"Setiap logistik yang datang langsung kami lakukan penyortiran dan pelipatan dengan alat kelengkapan TPS masing-masing," kata Harsya.

KPU Kota Jogja mencatat 321.645 orang masuk daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2024, terdiri atas 166.851 pemilih perempuan dan 154.794 pemilih laki-laki. Mereka akan memilih di 1.298 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 14 kecamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Sebut Ada 29 Perusahaan Singapura Berinvestasi di IKN

News
| Senin, 29 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement