Advertisement

Seluruh Kabupaten Kota di DIY Raih Penghargaan Peduli HAM 2023

Alfi Annisa Karin
Selasa, 19 Desember 2023 - 20:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Seluruh Kabupaten Kota di DIY Raih Penghargaan Peduli HAM 2023 Pemberian penghargaan Kabupaten/ Kota Peduli HAM di Kanwil Kemenkumham DIY, Selasa (19/12) - Harianjogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, KOTAGEDE—Seluruh kabupaten dan kota di DIY menerima piagam penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM Tahun 2023 di Kanwil Kemenkumham DIY, Selasa (19/12/2023). Penghargaan ini diberikan dalam rangka Peringatan ke-75 Hari Hak Asasi Manusia se-dunia.

Kabid HAM Kanwil Kemenkumham DIY Purwanto menyebut kabupaten dan kota di DIY berhasil menyabet penghargaan ini secara berturut-turut sejak 2016. Beberapa tolak ukur turut dinilai. Misalnya, terkait pelayanan kepada masyarakat, utamanya disabilitas serta ketersediaan ruang ramah anak dan perempuan. Ini diimplementasikan dalam wujud pelayanan masing-masing OPD kepada masyarakat.

Advertisement

"Itu di breakdown lagi menjadi 120 indikator, yang awal mulanya pada 2021 itu hanya 80 indikator," katanya saat ditemui di Kanwi Kemenkumham DIY, Selasa (19/12/2023).

Baca Juga:

Hari HAM jadi Pengingat Pentingnya Rasa Saling Menghormati di Atas Keberagaman

Selamat! Sleman Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Selamat! Kota Jogja Raih Predikat Kota Peduli HAM

Kepala Kanwil Kemenkumham DIY Agung Rektono Seto menuturkan DIY menuturkan, daerah kabupaten/ kota Peduli HAM punya kewajiban untuk melaksanaan penghormatan, perlindungan, pemajuan, dan penegakan, hingga pemenuhan hak asasi manusia. HAM menjadi hak dasar yang secara kodrati melekat pada diri manusia.

"Tak boleh diabaikan, dikurangi, atau dirampas oleh siapapun," katanya.

Menurut Agung, penghargaan kabupaten/ kota Peduli HAM ini juga menjadi sebuah prestasi yang membanggakan. Lantaran, hanya ada 5 provinsi yang mendapatkan penghargaan serupa. Provinsi DIY berhasil membina dan membangun seluruh kabupaten/kota untuk meraih predikat Peduli HAM. Prestasi ini menurutnya dapat diraih atas kerja sama dan koordinasi yang baik antara Pemda Provinsi DIY, Pemkab, Pemkot, dan Kanwil Kemenkumham DIY.

"Mari bersama-sama untuk mempertahankan prestasi yang sudah diraih, memperbaiki agar DIY tetap berpredikat 100% Daerah Peduli HAM," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Bakal Susun Kursi Menteri hingga 40, Gerindra Membantah

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement