Advertisement

Tahun ini, 156 Ribu Lebih Dokumen Dukcapil Diterbitkan di Gunungkidul

Media Digital
Jum'at, 22 Desember 2023 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Tahun ini, 156 Ribu Lebih Dokumen Dukcapil Diterbitkan di Gunungkidul Grafik penerbitan dokumen Disdukcapil Gunungkidul. - Istimewa

Advertisement

GUNUNGKIDUL—Pada tahun ini, sebanyak 156.477 dokumen kependudukan dan pencatatan sipil diterbitkan dalam penyelenggaraan pelayanan yang dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gunungkidul selama 2023.

Data ini menjadi salah satu item yang disuguhkan Dukcapil Gunungkidul pada Kaleidoskop Pelayanan Dukcapil 2023 yang dapat diakses di laman resmi Disdukcapil Gunungkidul.

Advertisement

“Kami mencoba memberikan suguhan data layanan yang telah dilaksanakan Dukcapil Gunungkidul selama 2023, ya kalua istilah Perusahaan, ini semacam annual report, kalau di pemerintahan biasanya yang dilaporkan adalah laporan keuangan dan realisasi kegiatan, nah kami mencoba menambahkan hal yang berbeda karena ini juga termasuk informasi publik yang masyarakat berhak mengetahui,” kata Amri Krisnadi, S.Kom, Staf Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil Gunungkidul melalui rilis, Jumat (22/12/2023).

Data 156.000 dokumen yang diterbitkan ini terdiri dari 50.770 KK; 19.203 KIA; 7.515 surat pindah penduduk; 11.806 Akta Kelahiran; 9.159 Akta Kematian dan beberapa dokumen kependudukan dan pencatatan sipil lainnya.

“Paling banyak penerbitan KTP. Selama 2023, Disdukcapil Gunungkidul menerbitkan sebanyak 57.882 KTP elektronik yang terdiri dari penerbitan KTP baru atau pemula dan penggantian KTP karena rusak, hilang atau perubahan. Angka ini hampir 10 persen dari total Wajib KTP di Gunungkidul,” kata Arisandy Purba, AP, M.PA Sekretaris Disdukcapil Gunungkidul.

Selain menyajikan statistik penerbitan Dokumen, pada laman Kaleidoskop Dukcapil ini juga memberikan informasi kegiatan pelayanan publik yang diberikan selama 2023 seperti statistik kegiatan pelayanan keliling perekaman KTP dan penerbitan akta-akta pencatatan sipil yang terjun langsung ke Masyarakat di Kabupaten Gunungkidul.

“Data presentase target dan capian juga tersedia dan bisa dilihat, dan tahun ini presentase perekaman KTP di Gunungkidul mencapai 99,49 persen, melebihi target nasional yang ditetapkan sebanyak 99,40 persen cakupan perekaman KTP,” kata Arisandy.

BACA JUGA: Gunungkidul Gelar Pelayanan Keliling Akta Pencatatan Sipil hingga November di 5 Kalurahan

Kepala Disdukcapil Gunungkidul, Markus Tri Munarja, S.IP., M.Si menyampaikan, “Selain sebagai informasi penyelenggaran pelayanan publik yang telah dilaksanakan di Disdukcapil Gunungkidul, kaleidoskop ini juga sebagai bentuk catatan apresiasi internal kepada seluruh pegawai dinas, apresiasi besar dari kami kepada seluruh teman-teman Dukcapil yang dalam kondisi SDM selalu berkurang, tetapi pelayanan tetap berjalan dengan baik dan kebutuhan masyarakat di Gunungkidul dalam hal dokumen administrasi kependudukan terpenuhi.”

Menutup tahun ini, Disdukcapil Gunungkidul terus meningkatkan kualitas layanan yang diberikan dan senantiasa berusaha mendekatkan pelayanan kepada masyarakat Gunungkidul agar terwujud penyelenggaraan layanan Adminduk yang Cedhak, Kepenak, Semanak, sesuai dengan semangat pelayanan yang diusung oleh Disdukcapil Gunungkidul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Arab Saudi Tangkap Warganya yang Bicarakan Perang Hamas-Israel di Media Sosial

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement