Advertisement

Kemantren Gondomanan Punya Kantor Baru, Kini Lebih Representatif

Alfi Annisa Karin
Selasa, 02 Januari 2024 - 22:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Kemantren Gondomanan Punya Kantor Baru, Kini Lebih Representatif Peninjauan Kantor Kemantren Gondomanan yang baru oleh jajaran Pemkot Jogja, Selasa (2 - 1) / Dokumentasi Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GONDOMANAN—Jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja meninjau salah satu proyek strategis, yakni Kantor Kemantren Gondomanan, Selasa (2/1/2024). Lokasinya pindah dari semula di Jalan Ibu Ruswo ke Jalan Brigjend Katamso Nomor 9.

Gedung baru ini dinilai lebih representatif. Luas bangunan mencapai 650 meter persegi. Total ada tiga lantai dengan dilengkapi pendopo. Kepala Dinas PUPKP Kota Jogja Hary Setyawacana menuturkan nantinya di masing-masing kantor kemantren akan dibangun juga rumah dinas mantri pamong praja.

Advertisement

"Ini karena ketugasan mantri pamong praja sebagai tombak ketugasan di wilayah, sehingga akan lebih efektif," ujar Hary, Selasa (2/1/2024).

Gedung ini menjadi salah satu dari 10 proyek strategis milik Pemkot Jogja yang pengerjaannya dikebut pada 2023. Beberapa proyek lain di antaranya adalah Pasar Sentul, Taman Budaya Embung Giwangan, TK Negeri 6, dan Jalan Gedongkuning. Ada juga perbaikan di Jalan Balirejo, saluran air hujan (SAH) di Gondokusuman, sambungan rumah saluran air limbah di Kadipaten, dan di Patehan. Hary memastikan, seluruhnya berhasil diselesaikan tepat waktu.

"Alhamdulillah semua selesai 100 persen. Sesuai dengan kontrak," imbuhnya.

Baca Juga

Ini Dia Deretan Proyek Strategis Pemkot Jogja Tahun Ini, Ditargetkan Sesuai Jadwal

Berikut 10 Paket Proyek Strategis Pemkot Jogja, Ditargetkan Rampung Akhir Tahun

4 Kantor Kelurahan di Jogja Ini Punya Gedung Baru Tahun Depan

Mantri Pamong Praja Kemantren Gondomanan Cahya Wijayanta menuturkan pihaknya turut melakukan persiapan. Misalnya, memindahkan sejumlah peralatan ke gedung baru sejak dua pekan lalu. Menurutnya, gedung baru ini lebih representatif. Dilengkapi dengan fasilitas seperti ruang arsip dan ruang laktasi. Cahya mengatakan sosialisasi telah dilakukan kepada masyarakat.

"Lokasinya juga terpaut sekitar 1,5 kilometer dari gedung lama. Meski tidak berada persis di pinggir Jalan Brigjend Katamso namun akses menuju gedung tersebut dari jalan protokol lebih leluasa," jelasnya.

Dia mengharapkan masukan dari masyarakat setelah melakukan pelayanan di gedung baru. Hal ini agar segala kekurangan bisa segera dilengkapi, sehingga pelayanan bisa diberikan maksimal.

"Di pendopo ini kami belum tahu ketika kondisi hujan apakah perlu dibuatkan kanopi atau tidak. Begitu pula akses ruang-ruang lainnya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Pensiun, Presiden Jokowi Terima Kunjungan PM Singapura Lee Hsien Loong

News
| Senin, 29 April 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement