Advertisement

5.500 Undangan Disebar di Acara Pernikahan Putera Kedua Wagub DIY

Yosef Leon
Rabu, 03 Januari 2024 - 15:47 WIB
Abdul Hamied Razak
5.500 Undangan Disebar di Acara Pernikahan Putera Kedua Wagub DIY G.K.B.R.Ay.A. Paku Alam (dua kanan) didampingi panitia Dhaup Ageng B.P.H. Kusumo Kuntonugroho dengan Laily Annisa Kusumastuti saat memberikan keterangan kepada wartawan, Rabu (3/1 - 2024). (Email)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sedikitnya 5.500 undangan disebar pada acara prosesi pernikahan putera kedua Wakil Gubernur DIY K.G.P.A.A. Paku Alam X dan G.K.B.R.Ay.A. Paku Alam yakni B.P.H. Kusumo Kuntonugroho dengan Laily Annisa Kusumastuti. Selain pejabat dalam negeri, sejumlah kerajaan Nusantara dan negara tetangga juga ikut diundang. 

G.K.B.R.Ay.A. Paku Alam menjelaskan, untuk tamu VVIP dan VIP Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amun turut diundang dalam acara pernikahan itu. Kemudian sebanyak 58 kerajaan Nusantara dan beberapa kerajaan negara tetangga pun ikut serta. Selanjutnya ada duta besar dan pasangan capres cawapres. 

Advertisement

BACA JUGA: Inflasi Januari 2024 Masih Akan Dipengaruhi Libur Akhir Tahun

"Untuk tamu VVIP diundang pada saat resepsi jam 12 siang sesi pertama tanggal 10 Januari," katanya, Rabu (3/1/2024). 

Dhaup Ageng pernikahan B.P.H. Kusumo Kuntonugroho dengan Laily Annisa Kusumastuti diselenggarakan di Kagungan Dalem (KD) Bangsal Sewatama dengan mengikuti tata cara yang berlaku di istana Pakualaman selama lima hari 7-11 Januari. Adapun tema yang diangkat yakni Manifestasi Kecerdasan Bathara Indra. 

"Tema ini diangkat karena karakter utama Bathara Indra adalah sifat kecendekiawanannya, yaitu gemar belajar dan selalu termotivasi untuk meningkatkan kualitas diri sehingga batik yang dipakai oleh pengantin, orang tua, panitia, kerabat dan abdi dalem disesuaikan dengan tema yakni indra widagdo yang mengacu pada Bathara Indra," ujarnya.

Ketua Panitia Bidang II KRT Radyo Wisroyo menjelaskan, prosesi Dhaup Ageng itu telah dimulai sejak 3 Januari 2024 dengan rangkaian acara Wilujengan berupa Bucalan dan Wilujengan. Kemudian di 4 Januari dilanjutkan dengan ziarah dan doa bersama pada 5 Januari. Selanjutnya pada 7 Januari digelar Pemasangan Tarub, Blěkětepe, dan Majang.

"Kemudian diikuti dengan agenda Nyěngkěr pada 8 Januari. Sehari setelahnya dilanjutkan dengan siraman puteri dan siraman kakung, Tantingan, Midodareni, dan Tuguran," ungkapnya. 

BACA JUGA: Ngeri! Puluhan Ular Masuk Perumahan Warga Gunungkidul

10 Januari menjadi acara inti dengan diselenggarakannya upacara Ijab di KD Masjid Agung Pakualaman pukul 08.30 Wib. Setelahnya pukul 10.30 Wib dilaksanakan upacara Panggih di Tratag KD Bangsal Sewatama. Prosesi ini disertai tampilan Durbala Singkir. Durbala kekuatan jahat dan Singkir yang dimaknai sebagai penyingkiraan kekuatan jahat sehingga mendapatkan keselamatan berkat kasih Tuhan. 

Setelahnya ada Sungkěman di KD Ageng Prabasuyasa pada pukul 11.00 Wib dilanjutkan acara resepsi (Pahargyan hari pertama) di KD Bangsal Sewatama mulai pukul 12.00 Wib yang akan dihadiri oleh 1.500 tamu. Pada kesempatan ini para tamu disuguhi dua běksan tari yakni Bědhaya Sidamukti dan Bědhaya Kakung Indrawidagda. Acara diakhiri dengan Tampa Kaya atau Kacar-Kucur serta Dhahar Klimah.

Resepsi (Pahargyan Hari Kedua) dilaksanakan pada Kamis 11 Januari 2024 mulai pukul 18.30 Wib di KD Bangsal Sewatama dengan tamu undangan sejumlah 4.000 tamu. Pada resepsi ini ditampilkan tiga běksan tari, yaitu Běksan Tyas Muncar, Bědhaya Wasita Nrangsmu, dan Lawung Alit Rangkaian acara Dhaup Agěng diakhiri dengan pamitan dan Kondur besan pada Jumat Pon, 12 Januari 2024. 

"Pada hari pelaksanaan nantinya akan ada rekayasa lalu lintas dan penutupan sejumlah ruas jalan di sekitar lokasi, kami meminta maaf kepada para pengguna jalan yang telah terganggu dengan adanya kegiatan ini karena hari Dhaup Ageng juga bertepatan dengan hari kerja," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Bertemu Sekjen Cormann, Tegaskan Komitmen Percepat Proses Keanggotaan Indonesia.

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement