Advertisement

Hujan Disertai Angin Kencang Terjang 11 Kecamatan di Bantul, Rumah Rusak hingga Jaringan Listrik Terputus

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 04 Januari 2024 - 00:37 WIB
Sunartono
Hujan Disertai Angin Kencang Terjang 11 Kecamatan di Bantul, Rumah Rusak hingga Jaringan Listrik Terputus Tiang listrik yang tumbang di Jln Patuk-Dlingo Km 9 Pancuran, Terong, Dlingo, Bantul, Rabu (3/1/2024) siang - Istimewa - Polres Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul mencatat beberapa rumah rusak akibat hujan disertai dengan angin kencang yang menerjang wilayah Bantul pada Rabu (3/1/2023) sore.

Manager Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Bantul Aka Luk Luk Firmansyah menyampaikan hujan disertai dengan angin kencang menerjang wilayah Kabupaten Bantul  sekitar pukul 12.30 WIB. 

Advertisement

BACA JUGA : Waspada Cuaca Ekstrim di DIY dalam Tiga Hari ke Depan

“Hujan dengan intensitas lebat dan angin kencang [terjadi] di 11 kecamatan (Kapanewon) wilayah Kabupaten Bantul yang mengakibatkan 22 kejadian pohon tumbang berdampak pada menutup akses jalan, mengenai jaringan listrik, menimpa rumah dan menimpa kendaraan, dan bangunan roboh,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui telepon, Rabu (3/1/2023) malam. 

Dia menyampaikan dampak kejadian tersebut mengakibatkan 7 unit rumah rusak, 3 unit tempat usaha rusak, 8 akses jalan rusak, 1 unit kendaraan rusak, dan 8 jaringan listrik putus, serta sebuah pohon jatuh di pekarangan rumah warga. 

Ia memastikan tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut. ari kejadian tersebut estimasi kerugian materiil yang dialami mencapai  Rp.25,9 juta. “Kondisi terakhir, pohon tumbang sudah selesai tertangani dan sopir [yang kendaraannya tertimpa pohon] dalam keadaan aman,” katanya. 

BACA JUGA : BMKG: Cuaca Ekstrem Landa DIY dalam Tiga Hari ke Depan

Dia pun mengimbau agar masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Kalurahan, FPRB, dan jejaring relawan untuk meningkatkan kewaspadaan.

Kepala Bidang Kedaruratan, Logistik, dan Peralatan BPBD Bantul, Antoni Hutagaol mengimbau agar masyarakat waspada menghadapi potensi bencana yang terjadi saat musim hujan. 

“Imbauan ke masyarakat untuk diperhatikan pohon-pohon yang besar dan rapuh apalagi pada saat ada angin kencang untuk menghindari pohon-pohon besar. Hindari juga tiang listrik serta kabel listrik bila ada angin kencang,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hakim Anwar Usman Kembali Dilaporkan Terkait Dugaan Pelanggaran Kode Etik

News
| Senin, 13 Mei 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement