Advertisement

Tak Cuma Bantuan Perahu, Pemkab Kulonprogo Lakukan Ini untuk Meregenerasi Nelayan

Triyo Handoko
Minggu, 07 Januari 2024 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Tak Cuma Bantuan Perahu, Pemkab Kulonprogo Lakukan Ini untuk Meregenerasi Nelayan Nelayan sedang bekerja sama mendorong kapal ke pantai, di Pantai Bugel, Panjatan, Kulonprogo. - dok - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Regenerasi nelayan terus diupayakan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulonprogo. Salah satu yang diupayakan itu dengan memberikan bantuan sarana prasarana. Terbaru, DKP Kulonprogo membagikan tujuh perahu.

Ketujuh perahu bantuan DKP Kulonprogo itu berasal dari berbagai sumber anggaran. "Regenerasi nelayan ini terus kami upayakan, supaya potensi perikanan kelautan di wilayah kami terus diolah dengan baik," kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Kulonprogo, Wakhid Purwosubiyantoro, Minggu (7/1/2023).

Advertisement

Tak hanya perahu, imbuh Wakhid, dinasnya juga memberikan bantuan sarana lain seperti jaring, alat tangkap lain, hingga pelatihan. "Tahun ini bantuan dalam bentuk sarana prasarana sampai pelatihan akan terus kami lakukan," ungkapnya.

Salah satu pelatihan yang akan dilakukan adalah dengan menggandeng SMK Kelautan di Kulonprogo. "Kami masih melakukan penjajakan agar bisa melakukan magang bersama siswa-siswa SMK kelautan di Kulonprogo tahun ini," terangnya.

Program magang bersama itu, menurut Wakhid, salah satu langkah strategis agar regenerasi nelayan terus terwujud. "Sayang sekali kalau siswa-siswa ini malah magang di daerah lain, sehingga kami arahkan magang di Kulonprogo daerah sendiri saja, agar mereka juga tahu potensi perikanan keluatan ini besar sekali di daerah asalnya," katanya.

BACA JUGA: Gelombang Tinggi, Nelayan Tak Melaut hingga 2 Minggu

Sementara itu Kepala DKP Kulonprogo, Trenggono Trimulyo menyebut dinasnya memiliki program khusus untuk menyasar nelayan milenial. "Program khusus ini salah satunya membentuk paguyuban nelayan milenial, agar pembinaan dan pembimbingan lebih maksimal," kata dia.

Saat ini paguyuban nelayan milenial di Kulonprogo, lanjut Trenggono, meliputi di Trisik, Bugel, Congot, dan Glagah. "Pendampingan kami dengan nelayan milenial ini menunjukan antusiasme mereka yang besar di mana kini sudah banyak yang sadar menjadi nelayan itu hasilnya bisa cukup besar daripada merantau, ini tren bagus yang akan terus kami jaga," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gabung Afsel, Turki Ajukan Kejahatan Genosida Israel ke Mahkamah Internasional

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement