Advertisement

Ditutup, Timbunan Sampah di TPA Piyungan Mulai Ditata

Yosef Leon
Kamis, 02 Mei 2024 - 21:17 WIB
Arief Junianto
Ditutup, Timbunan Sampah di TPA Piyungan Mulai Ditata Tumpukan sampah di TPA Piyungan Kabupaten Bantul. Antara - Hery Sidik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY mulai menata timbunan sampah yang ada di TPA Piyungan menyusul ditutupnya lokasi itu sebagai tempat pembuangan sampah. Proses penataan timbunan sampah yang ada di tempat itu dilaksanakan bersamaan dengan pemagaran keliling di TPA Piyungan. 

Kepala DLHK DIY, Kusno Wibowo mengatakan sesuai rencana, TPA Piyungan sudah resmi ditutup sebagai lokasi pembuangan sampah per 30 April lalu. Maka sejak 1 Mei kabupaten/kota sudah mulai melaksanakan desentralisasi sampah secara penuh.  "Sekarang kami sudah penataan sampah yang ada di [TPA] Piyungan. Kemudian baru nanti ada kajian Piyungan itu mau dibuat apa," katanya, Kamis (2/5/2024). 

Advertisement

Menurut Kusno, timbunan sampah di TPA Piyungan itu masih ada di zona transisi satu dan dua yang ke depan akan ditata terlebih dahulu. Proses pembersihan akan mulai dijalankan sejak pekan ini. "Selama ini kan pembuangan sampah itu dibuat di dermaga, itu kan masih di pinggir dan menumpuk ke sana. Sampah yang di sana itu mau kami geser dulu ke dalam," jelasnya. 

Belum ada rencana Pemda DIY untuk mengolah sampah yang ada di TPA Piyungan tersebut dengan menggunakan teknologi Refuse Derived Fuel (RDF) seperti yang dilaksanakan di sejumlah kabupaten kota. Semua rencana tersebut masih akan dikaji beberapa waktu ke depan. 

"Memang sekarang masih proses pemagaran juga di TPA Piyungan. Setelah ditutup pemeliharaan itu masih berlangsung, baik itu penanganan lindi maupun saluran meskipun sampah tidak dibuang lagi ke sana, tapi dua atau tiga tahun ke depan itu masih berlangsung pemeliharaan lingkungannya," kata Kusno. 

BACA JUGA: Pemda DIY Klaim Tidak Ada Armada Membuang Sampah Ke TPA Piyungan Sejak 1 Mei 2024

Sekda DIY Benny Suharsono menyebutkan, pemeliharaan di TPA Piyungan setelah ditutup masih fokus pada upaya pemeliharaan lingkungan dan dampak yang ditimbulkan dari timbunan sampah yang ada di tempat tersebut. Selain itu, pihaknya juga akan berupaya melindungi aset dengan melakukan pemagaran keliling.  "Di TPA Piyungan ya tetap masih ada aktivitas pengelolaan sampah karena kan Kota Jogja juga mau pakai sebagian lahannya dan sudah diizinkan," ungkap dia. 

Menurut Beny, penutupan TPA Piyungan sifatnya hanya administratif saja. Artinya hanya pembuangan sampah dari kabupaten kota saja yang tidak lagi dilayani di tempat itu. Untuk aktivitas pengolahan dan pemeliharaan masih akan berlangsung beberapa waktu ke depan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dugaan Korupsi Taspen, KPK Panggil Pimpinan Perusahaan KB Valbury Sekuritas

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement