Advertisement

Viral KLB Crane Kirow Usai Evakuasi KA Turangga dan KRL Bandung Raya, Warganet: Terima Kasih, Jangan Keluar Lagi!

Sunartono
Senin, 08 Januari 2024 - 09:47 WIB
Sunartono
Viral KLB Crane Kirow Usai Evakuasi KA Turangga dan KRL Bandung Raya, Warganet: Terima Kasih, Jangan Keluar Lagi! KLB Crane Kirow saat melintasi rel usai menjalankan tugas melakukan evakuasi PLH di Cicalengka. - TikTok.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah video yang memperlihatkan kereta luar biasa (KLB) Crane Kirow melintas dari arah Solo Balapan menuju Bandung dan sebaliknya viral di media sosial dalam beberapa hari terakhir. KLB ini terpaksa harus keluar untuk melakukan evakuasi kecelakaan antara KA Turangga dengan KA Lokal Bandung.

Kereta ini disebut-sebut paling tidak diharapkan kehadirannya. Mengingat jika kereta ini keluar dari kandang, artinya sedang ada kecelakaan atau dalam perkeretaapian disebut peristiwa luar biasa hebat (PLH). KLB Crane Kirow bertugas untuk melakukan evakuasi.

Advertisement

BACA JUGA : Kecelakaan KA Turangga Vs KRL Bandung Raya Berimbas pada Perjalanan Kereta di Jogja

Salah satu KLB Crane Kirow yang menjadi sorotan warganet adalah KRC 800 yang terpaksa keluar dari kandangnya dari area Daop 6 Yogyakarta di Dipo Solo Balapan. Telescopic Railway Crane KRC 800N dengan nomor sarana SC 3 05 01 ini beberapa kali diambil gambar oleh para Youtuber penghobi kereta api.

Salah satunya ketika berangkat dari Solo Balapan menuju Cicalengka untuk melakukan tugas evakuasi. Tak terkecuali saat pulang dari arah barat menuju Solo Balapan. Video-video yang diambil melalui udara tersebut membanjiri medsos khususnya platform TikTok dan mengundang rasa haru dari warganet.

Akun @AdanRailfans mengunggah KLB Crane melintasi rel dengan memberikan catatan bahwa kereta api tersebut sedang melakukan perjalanan ke Cicalengka untuk membantu penanganan PLH Turangga dengan KA Lokal.

Akun TikTok @Rodabesi turut mengunggah informasi serupa dengan mengambil gambar dari udara KLB Crane Kirow melakukan perjalanan dari Dipo Solo menuju Cicalengka. Video tersebut dilihat lebih dari 1,2 juta akun dan dikomentari ratusan warganet.

Kereta yang paling tidak diharapkan, karena jika keluar dan melintasi rel berarti sedang ada peristiwa luar biasa,” tulis salah satu warganet di kolom komentar sebagaimana dipantau Harianjogja.com, Senin (8/1/2024).

Selain saat berangkat dari Solo menuju Bandung, KLB Crane Kirow juga tak lepas dari sorotan kamera saat pulang ke kandang usai menjalankan tugas.

Crane Kirow milik Ditjen Perkeretapian Solo kembali pulang ke rumahnya setelah membantu di kejadian PLH Cicalengka Bandung,” tulis akun TikTok Wiltaq sembari mengunggah KLB Crane perjalanan dari Bandung menuju Solo.

BACA JUGA : Tabrakan Dua Kereta Api di Bandung, Tiga Orang Meninggal Dunia Termasuk Masinis

Selanjutnya kolom komentar dibanjiri warganet dengan menuliskan ucapan terima kasih dan meminta sekaligus berharap agar KLB tersebut tidak keluar lagi. Komentar itu sebagai bentuk harapan warganet agar tidak ada kejadian kecelakaan kereta api lagi ke depan.

Terima kasih Crane Kirow, cukup ini saja kamu disibukkan dan jangan keluar lagi,: tulis akun @maxmaxmax.

Sekadar untuk diketahui Kirow Multi Tasker KRC800N merupakan sarana kereta crane teleskopik milik Direktorat Jenderal Perkeretaapian sebagai kereta luar biasa. Kereta api ini digunakan seagai sarana penolong apabila terjadi kecelakaan kereta api maupun pemindahan rintang jalan kereta api.

Kereta ini berjumlah dua set dengan tambahan NNW dan NNKW sebagai sarana pengangkut perlengkapan crane dan petugas crane. Kereta crane KRC800N dan perlengkapannya berada di dua tempat yakni di Solo dan Bandung .

Pada Dipo Crane Solo atau dikenal dengan registasi SC 3 05 01 (Kirow Multi Tasker KRC800N), berisi NNKW 30 10 01 (gerbong datar untuk menyimpan perlengkapan berat crane) dan NNW 085 01 (sarana penumpang untuk menyimpan perlengkapan petugas dan mengangkut petugas ke lapangan).

Sebelumnya tabrakan antara KA Turangga vs KA Lokal Bandung terjadi pada Jumat (5/1/2024). Sejumlah korban meninggal antara lain masinis KA KRD Lokal Padalarang Cicalengka, Julian Dwi setiono, Asisten Masinis KA KRD Lokal Padalarang - Cicalengka, Ponisan, Pramugara KA Turangga atas nama Andrian 22thn dan pegawai PAM atas nama Enjang Yudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiba di Bali, Elon Musk Disambut Luhut

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement