Advertisement

Komponen di 12 LPJU Bantul Digondol Maling Sepanjang 2023, Dishub: Pelakunya Jelas Sudah Ahli

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 12 Januari 2024 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Komponen di 12 LPJU Bantul Digondol Maling Sepanjang 2023, Dishub: Pelakunya Jelas Sudah Ahli Ilustrasi lampu penerangan jalan umum (IST - Freepik)\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULSepanjang 2023, tercatat ada 12 unit lampu penerangan jalan umum (LPJU) yang komponennya digondol maling. Akibat pencurian itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul menaksir kerugian mencapai Rp25 juta. 

Kepala Dishub Bantul, Singgih Riyadi menyampaikan menyampaikan kasus pencurian tersebut terjadi di jalan kabupaten dan jalan desa, dengan mayoritas terjadi di area persawahan yang tergolong sepi. Kasus pencurian tersebut terjadi di Kapanewon Pandak, Srandakan, Sedayu, Kasihan, Piyungan, Imogiri, Pleret, Bambanglipuro, dan Sanden. 

Advertisement

Sementara komponen LPJU yang hilang berupa miniature circuit breaker (MCB), kontraktor, photo cell pada 10 unit LPJU, dan hilang baterai serta panel surya pada 2 unit LPJU. Selain itu, masih ada beberapa kasus komponen Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) yang hilang. Selain itu ada pula pencurian, vandalisme dan perusakan cermin cembung.

Dia menduga pencurian tersebut dilakukan oleh pelaku yang berpengalaman lantaran terjadi beberapa kali dengan kehilangan yang serupa.  “Kami yakin yang mencuri sudah profesional, karena dia selain mengambil komponen yang ada di lampu, dia juga mengambil komponen di boks KWh meter. Itu kalau orang awam mengambil bisa kesetrum. Itu MCB bisa dicuri habis,” ujarnya Jumat (12/1/2024). 

BACA JUGA: Duh! Tahun Ini Kasus Pencurian Komponen LPJU di Bantul Meningkat

Menurut  Singgih beberapa komponen tersebut bernilai jual, sehingga kasus pencurian komponen LPJU masih terjadi. Singgih pun mengaku selalu berkomunikasi dengan masyarakat setempat saat pemasangan LPJU, sehingga diharapkan masyarakat turut menjaga rambu yang telah terpasang. “Di setiap pemasangan rambu, kami berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, pengurus RT atau kampung untuk ikut menjaga di rambu,” ujarnya. 

Dishub Bantul juga telah melaporkan kejadian tersebut pada Polres Bantul untuk mengantisipasi kejadian serupa terulang. “Kemarin sudah ada kurang lebih 10 lokasi yang kita foto [LPJU yang komponennya hilang]. Kita laporkan [secara] resmi ke Polres [Bantul], ya ada tindakan, [diharapkan] bisa ada efek jera,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Daftar Tanggal Merah Mei 2024, Ada 2 Kali Libur Panjang

News
| Minggu, 28 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement