Advertisement

Kasus Eks Pemilik PSS Berlanjut, Status Kepemilikan Hotel Top Malioboro Dipertanyakan

Yosef Leon
Selasa, 16 Januari 2024 - 13:17 WIB
Arief Junianto
Kasus Eks Pemilik PSS Berlanjut, Status Kepemilikan Hotel Top Malioboro Dipertanyakan Ilustrasi Hotel Top Malioboro. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Polemik kasus dugaan penipuan investasi antara pemegang saham mayoritas PT GMS dengan salah satu direksinya yang berinisial K terus berlanjut. Aset K yang dijadikan tukar guling dalam skema pembelian saham perusahaan yakni hotel Top Malioboro pun dipertanyakan kepemilikannya. 

Kasus yang bermula dari pembelian 24 lembar saham PT GMS oleh direktur utamanya K itu berbuntut panjang. Versi pelapor, K hanya mampu membayar satu lembar saham yang dibelinya melalui bilyet giro atau cek. Di tengah jalan, skema pembayaran diubah dengan tukar guling hotel Top Malioboro untuk sisa saham lainnya. 

Advertisement

Kuasa hukum PT GMS yang diduga menjadi korban penipuan investasi, Julius Rutumalessy mengatakan pihaknya mempertanyakan status kepemilikan hotel Top Malioboro yang dalam kasus ini masih menjadi polemik. Sepengetahuannya proses tukar guling hotel itu tidak dinotarilkan sehingga masih atas nama perusahaan K yang lain yakni PT MPM. 

“Bank Bukopin harus segera memberi kejelasan hal tersebut. Ini salah satu tanggung jawab lembaga perbankan yang dipercaya nasabah. Tanggung jawab ntuk memberikan iklim investasi yang aman. Saya pikir ini juga bentuk menjaga reputasi lembaga bank itu sendiri," kata Julius, Selasa (16/1/2024).

Oleh karena itu, Julius meminta pihak bank untuk membuka informasi kepada publik perihal kepemilikan sah dari hotel yang tengah berpolemik itu. Apakah benar telah menjadi aset atau atas nama PT GMS atau masih kepemilikan dari K. "Kami mempertanyakan posisi atau peranan bank hak tanggungan. Siapa pemilik sebenarnya hotel Top Malioboro, waktunya Bank Kb Bukopin bersuara," ujarnya. 

Sementara saat dikonfirmasi, Kb Bukopin Cabang Jogja belum dapat memberikan pernyataan. Saat ditemui sejumlah wartawan, seorang petugas kantor cabang setempat menyatakan bahwa pimpinan bank sedang tidak di lokasi lantaran ada agenda penting. 

BACA JUGA: Dilaporkan ke Polisi Dugaan Penipuan Investasi, Ini Komentar Mantan Bos PSS Sleman

Sebelumnya, pemegang saham mayoritas PT GMS melaporkan eks pemilik PSS Sleman K yang juga direktur utama perusahaan tersebut atas dugaan penipuan investasi properti. Dugaan penipuan itu bermula saat K yang kini juga menjadi pemilik dari Persiba Bantul itu membeli 24 lembar saham PT GMS dengan harga per lembar Rp1,160 miliar dengan pembayaran melalui bilyet giro atau cek. 

Dalam perjalanannya, cek yang bisa dicairkan hanya satu lembar dan kemudian. Menurut terlapor, tanpa sepengetahuan pemegang saham mayoritas dan transaksi dilakukan di bawah tangan tanpa dinotarilkan, skema pembayaran diubah. K membayar sisa 23 lembar saham dengan aset hotel Top Malioboro yang tengah diagunkan ke Bank Bukopin Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement