Advertisement

Badai Siklon Anggrek, BPBD DIY: Dampak Lebih Banyak di Selatan

Yosef Leon
Minggu, 21 Januari 2024 - 18:07 WIB
Maya Herawati
Badai Siklon Anggrek, BPBD DIY: Dampak Lebih Banyak di Selatan Pohon tumbang akibat angin kencang di wilayah Tempel, Sleman, beberapa waktu lalu. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJABadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY menyebut dampak Badai Anggrek atau Siklon Tropis Anggrek banyak terjadi di wilayah selatan. BPBD juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan tidak panik.

Badai Anggrek diprediksi berlangsung di wilayah setempat sampai 22 Januari 2024. Cuaca ekstrem yang melanda DIY harus disiapkan dengan mitigasi dan kesiapsiagaan yang optimal.

Advertisement

Kepala Pelaksana BPBD DIY Noviar Rahmad mengatakan pihaknya sudah menyiapkan banyak unsur kebencanaan di setiap wilayah untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi akibat badai siklon tropis anggrek. Tidak hanya di kabupaten kota saja, relawan kebencanaan bahkan tersebar sampai ke tingkat kalurahan untuk mengantisipasi bencana.

"Para relawan di masing-masing kelurahan melalui Forum Pengurangan Risiko Bencana akan menangani apabila terjadi dampak buruk, seperti misalnya pohon tumbang, tanah longsor dan bencana lain," kata Noviar, Minggu (21/1/1024).

BACA JUGA: Anak 13 Tahun Tenggelam saat Mandi di Kali Koteng Sedayu, Sore Ini Masih Dicari

Jika tidak tertangani, maka, potensi dari kabupaten/kota serta provinsi akan turun tangan. Upaya memaksimalkan relawan ini dilakukan mengingat banyaknya potensi pohon tumbang yang diprediksi akan terjadi. Selain itu beberapa titik wilayah di DIY juga dikenal rawan dengan potensi bencana alam.

“Kami bukan patroli, karena relawan di setiap lokasi sudah siaga. Misalnya ada pohon tumbang itu sudah terkondisi dengan relawan-relawan yang sudah langsung menangani di masing-masing lokasi kejadian," katanya.

Noviar menjelaskan, badai siklon anggrek diprediksi memang memberikan dampak negatif lebih banyak pada sisi selatan DIY. Masyarakat di sepanjang pantai selatan harus lebih waspada karena memang gelombang tinggi saat ini sudah naik hingga kurang lebih empat meter.

“Kami berharap tidak sampai ke banjir rob. Kalau banjir rob ini terjadi, nanti jangan sampai kejadian seperti 2018 dulu terulang. Itu yang kami khawatirkan,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi dan meminimalkan risiko badai siklon anggrek khususnya di pantai selatan Jogja, Noviar menghimbau nelayan untuk tidak melaut sampai 22 Januari mendatang atau sampai ada informasi terbaru dari BMKG. Untuk wisata pantai, Noviar menjelaskan, tidak ada penutupan. Namun, wisatawan diminta lebih waspada dan mengikuti imbauan petugas.

“Nelayan sudah kami peringatkan untuk tidak melaut pada 19-22 Januari. Kalau untuk wisata masih bisa, sepanjang masih memperhatikan himbauan petugas. Petugas Satlinmas Rescue sudah ada di pesisir selatan semua, untuk mengingatkan kalau ada wisatawan untuk tidak berenang dan mereka harus mematuhi itu,” kata Noviar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Digugat Praperadilan di PN Jaksel Oleh Sekjen DPR Indra Iskandar, Ini Kasusnya

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Punya Kedalaman 116 Meter, Hongyancun Jadi Stasiun Kereta Bawah Tanah Terdalam di Dunia

Wisata
| Jum'at, 17 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement