Advertisement

Sultan Minta Produktivitas Jagung di Gunungkidul Meningkat

Yosef Leon
Selasa, 30 Januari 2024 - 15:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Sultan Minta Produktivitas Jagung di Gunungkidul Meningkat Ilustrasi jagung - Ist/Corn Refiners Association

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan HB X meminta produktivitas pertanian khususnya komoditas jagung di Gunungkidul bisa ditingkatkan untuk kesejahteraan masyarakat setempat. Potensi jagung di Bumi Handayani disebut masih bisa dioptimalkan menjadi sebuah industri. 

Kepala DPP Gunungkidul Rismiyadi menyatakan demikian saat dirinya bertemu dengan Sultan di Ruang Gadri, Kompleks Kepatihan yang ikut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY Hery Sulistio Hermawan. 

Advertisement

Rismiyadi mengatakan dirinya bertemu Sultan untuk melaporkan kondisi tanaman jagung selama setahun di Kabupaten Gunungkidul. Selain itu juga membahas soal pengembangan tanaman jagung sebagai optimalisasi peningkatan produksi jagung musim tanam 2023/2024.

Rismiyadi mengaku siap untuk melaksanakan arahan Sultan dengan berkoordinasi bersama DPKP DIY. Memaksimalkan komoditas jagung, kata dia juga merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah untuk mewujudkan ketahanan pangan serta sebagai ujung tombak ekonomi masyarakat.

“Kami di Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul saat ini sudah bersiap memenuhi arahan beliau. Jadi pada saat ini, kami sifatnya menunggu arahan lebih lanjut, sambil menunggu kami akan koordinasi dengan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY,” katanya.

Baca Juga

Produksi Jagung dan Kacang Tanah di Bantul Diprediksi Melimpah di Akhir Tahun

Harga Jagung dan Konsentrat Melonjak, Keuntungan Peternak Ayam DOC Menurun

Pemerintah Impor Jagung 500 Ribu Ton

Menurutnya, sebanyak 7.000 hektare lahan sudah disiapkan untuk masa tanam April mendatang. Penanaman jagung tersebut memang sudah direncanakan dan dikomunikasikan oleh DPKP DIY dan Kementerian Pertanian sebelumnya. 

Program pengembangan tanaman jagung ini diharapkan dapat terlaksana dan tidak sekadar untuk memenuhi produksinya. Melainkan juga agar komoditas jagung ke depannya menjadi alternatif dan pilihan bagi masyarakat untuk dapat lebih meningkatkan taraf hidup khususnya masyarakat Gunungkidul.

“Kami berharap adanya dukungan dari Bapak Gubernur memberikan semangat pada para petani Gunungkidul untuk lebih maju lagi untuk lebih giat lagi dalam mengembangkan pertanian khususnya jagung, sehingga ketahanan pangan di DIY juga lebih baik lagi,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gabung Afsel, Turki Ajukan Kejahatan Genosida Israel ke Mahkamah International

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement