Advertisement

Penataan Alun-Alun Wonosari Berlanjut, Pengerasan dengan Pasir dan Batu

Triyo Handoko
Selasa, 30 Januari 2024 - 09:17 WIB
Sunartono
Penataan Alun-Alun Wonosari Berlanjut, Pengerasan dengan Pasir dan Batu Kondisi Alun-alun Wonosari yang sudah mulai tumbuh rumput di beberapa titik, dimana rencananya akan dilakukan penebalan material sirtu di lapangan tersebut, Senin (29/1 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Penataan Alun-alun Wonosari kembali dilakukan dengan rencana akan menebalkan material lapangan dengan pasir dan batu kerikil. Penambahan sirtu untuk mempertebal lapangan di Alun-alun Wonosari juga akan dibarengi dengan penanaman bibit rumput.

Penambahan sirtu untuk mempertebal lapangan itu sedang dianggarkan pengadaanya oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul.  "Dalam waktu dekat, tak sampai pertengahan tahun atau saat musim hujan habis sudah kami lakukan penebalan," jelas Kepala DLH Gunungkidul Hary Sukmono pada Senin (29/1/2023).

BACA JUGA : Ada Pentas Kembang Api Nanti Malam, Begini Skenario Rekayasa Lalu Lintas di Alun-Alun Wonosari

Advertisement

Pengadaan material sirtu unutk penebalan itu, jelas Hary, masih menunggu karena anggaran belum tersedia. "Sedang diurus dan diusulkan, soal besarannya berapa masih menunggu ketersedian anggarannya," terangnya.

Ditargetkan sudah dilakukan penebalan hingga pertengahan 2024 karena, lanjut Hary, mengikuti momen musim hujan yang ada. "Kita targetkan selama musim hujan karena nanti juga akan ditanami bibit rumput saat penebalan sirtu ini, sehingga kami usahakan dilakukan selama musim hujan ini," katanya.

Kondisi lapangan Alun-alun Wonosari saat ini, sambung Hary, sudah tumbuh rumput alami di beberapa titik. "Nanti dipertebal lagi dengan bibit rumput yang ditanam agar semuanya tampak alami," ujarnya.

Selain mempertebal sirtu , menurut Hary, DLH Gunungkidul juga akan memperrata lapangan Alun-alun Wonosari. Dimana tampak gunundukan lebih tinggi di tengah lapangan.

BACA JUGA : Penataan Tahap II Selesai, Rumput Alun-Alun Wonosari Dibiarkan Tumbuh Alam

DLH Gunungkidul juga tengah mengkaji sistem drainase di Alun-alun Wonosari. "Agar semuanya lancar, tidak ada genangan sehingga perlu memastikan drainase yang ada dapat bekerja dengan baik," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement