Advertisement

Jadi Garda Terdepan, Pelaku Wisata Kulonprogo Dibekali Pengetahuan Nilai-Nilai Keistimewaan

Catur Dwi Janati
Rabu, 31 Januari 2024 - 22:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Jadi Garda Terdepan, Pelaku Wisata Kulonprogo Dibekali Pengetahuan Nilai-Nilai Keistimewaan Suasana sosialisasi nilai-nilai keistimewaan di Banjarasri, Kalibawang pada Selasa (30/1/2024).Harian Jogja - Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sosialisasi nilai-nilai keistimewaan terus digaungkan ke seluruh elemen di DIY. Di Kulonprogo, pelaku wisata sebagai garda terdepan yang bersinggungan dengan wisatawan diajak Dinas Pariwisata DIY memahami nilai-nilai keistimewaan.

Plt. Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Pariwisata Dinpar DIY, Kurniawan menerangkan saat ini Dinpar tengah menggalakkan sosialisasi nilai-nilai keistimewaan DIY di sektor pariwisata. Sosialisasi ini kata Kurniawan penting mengingat pelaku wisata sebagai garda terdepan pariwisata Jogja.

Advertisement

"Kenapa itu penting, karena sektor pariwisata itu sebetulnya ujung tombaknya. Dutanya DIY ketika kemudian menghadapi tamu atau wisatawan dari luar yang datang ke Jogja.meenjadi sebuah tantangan menunjukan keistimewaan kita," kata Kurniawan pada Selasa (30/1/2024) di Dolan Deso Boro, Banjarasri, Kalibawang.

Bila di bidang pariwisata ada sapta pesona yang berlaku untuk seluruh Indonesia, di luar itu sebetulnya DIY punya nilai-nilai yang lebih dalam lagi kata Kurniawan. Nilai-nilai itu terangkum dalam nilai keistimewaan.

"Karena keindahan Jogja itu pariwisata yang ditawarkan itu bukan hanya daya tarik alamnya saja. Kita punya daya tarik yang luar biasa terutama dari sisi budaya. Kemudian juga berkaitan dengan adat istiadat, kemudian keramah tamahan ini yang salah satu kemudian berhubungan erat dengan nilai-nilai keistimewaan kita," jelasnya.

Baca Juga

Pemkab Kulonprogo Dukung Potensi Pariwisata Berbasis Budaya Lokal

Catat Ini Puluhan Event Wisata Menarik di Kulonprogo Sepanjang 2024

Ada YIA, Pengembangan Pariwisata Kulonprogo Selatan Perlu Sentuhan Internasional

Di Banjarasri, Kalibawang sosialisasi nilai-nilai keistimewaan menggandeng Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Indonesia. Pramuwisata ataupun pemandu merupakan elemen paling dekat dengan pelancong dalam promosi wisata DIY. Tak hanya di Banjarasri, sosialisasi nilai-nilai keistimewaan juga digelar di Banjaroyo, Kalibawang dan Purwosari, Girimulyo.

"Kadang-kadang pelaku wisata kita itu tidak paham, tidak bisa menjelaskan kepada tamu atau wisatawan. Makanya hari ini kami adakan, sebetulnya dalam rangka itu [memahamkan], sehingga narasumbernya kita ajak karena juga kita ajari teman-teman HPI. Karena pemandu juga sudah kita ajari juga pelan-pelan mengenai nilai keistimewaan," tegasnya.

Digelar di awal tahun, Kurniawan berharap bekal nilai-nilai keistimewaan DIY ini bisa digunakan pelaku wisata sebelum memasuki musim liburan nantinya. Dengan begitu, pelaku wisata bisa memberikan berbagai informasi tentang keistimewaan DIY kepada para pelancong saat high season.

"Harapan akhirnya tentu pelaku wisata itu bisa mengerti dan mengimplementasikan nilai-nilai keistimewaan. Kalau sudah diimplementasikan itu tentu menjadi daya tarik juga. Karena kita bisa melayani mereka dengan lebih baik, lebih sopan lebih dengan ada tradisi yang baik yang mencirikan kekhasan ke-Jogjakarta-an kita," ujarnya.

Bekal ini lanjut Bambang akan meningkatkan hospitality. Selain itu juga bisa menambah daya tarik karena layanan pelaku wisata lebih istimewa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 10 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Fakta-fakta Seputar Korupsi SYL yang Terungkap di Persidangan, dari Beli Mobil, Kaca Mata hingga Bayar Biduan

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement